Berita

    Field Coil Pada Mobil : Fungsi, Cara Kerjanya & Komponennya

    Field coil mobil memiliki peran yang vital, terutama pada sistem kelistrikan mesin  mobil. Bentuk dari komponen ini adalah lempeng tembaga yang dililit dan difungsikan untuk mengalirkan listrik ke mesin.

    Karena aliran listrik inilah mesin kendaraan dapat menyala lantaran ada medan magnet yang berasal dari komponen rotor coil. Medan magnet ini gunanya untuk mendukung performa motor starter saat mendapat aliran arus listrik dari baterai.

    Fungsi Field Coil Mobil

    Sebagai bagian dari motor starter, komponen ini berfungsi untuk mengalirkan arus listrik yang kemudian listrik tersebut dialirkan ke mesin. Karena adanya aliran listrik, medan magnet di rotor coil meningkat.

    Hal itu memberi pengaruh pada sensitivitas motor starter saat mendapat arus listrik yang lebih besar dari baterai. Akibatnya, energi listrik diubah menjadi energi gerak dan kendaraan pun bergerak.

    Pergerakan motor starter membawa udara yang dibutuhkan dalam proses pembakaran bensin, sehingga mesin menyala.

    Memahami Cara Kerja Field Coil Mobil

    Berbicara tentang prinsip atau cara kerja, komponen ini mempunyai cara kerja yang sederhana. Jika pengemudi mengganti posisi kunci dari mati ke nyala, maka field coil akan menghasilkan medan magnet yang berinteraksi langsung dengan medan magnet di rotor coil. Karena, itulah rotor berputar.

    Di mesin lainnya, seperti di motor listrik, field coil berfungsi sebagai produsen medan magnet sehingga proses induksi pada armature berlangsung dengan lancar. Dengan demikian, arus listrik yang dihasilkan dapat dimanfaatkan untuk menyalakan mesin kendaraan.

    Beberapa Komponen-Komponen Field Coil Mobil  

    Di dalam komponen field coil terdapat banyak komponen yang punya fungsi masing-masing. Keberadaan komponen di dalamnya saling berkaitan, sehingga ia mampu menjalankan fungsinya. Ini dia komponen-komponen yang dimaksud.

    • Baterai

    Baterai dalam field coil difungsikan sebagai penyuplai arus listrik atau penyimpan daya listrik. Dengan demikian, komponen tersebut dapat dimanfaatkan untuk memproduksi medan magnet.

    Komponen field coil dikendalikan oleh sebuah perangkat semacam switch, sehingga ia dapat mengatur besaran arus listrik. Dengan switch itu, medan magnet hasil dari field coil dapat diatur.

    • Switch

    Switch pada komponen ini berfungsi untuk mengatur arus listrik sekaligus untuk mengendalikan medan magnet field coil.

    • Kawat