Berita

    Ketahui Fungsi & Sistem Kerja Pada Fuel Pressure Regulator

    Fuel pressure regulator mobil berasal dari kata fuel yang artinya bahan bakar, pressure berarti tekanan, dan regulator berarti pengatur. Jadi, fuel pressure regulator adalah perangkat atau komponen pada kendaraan yang bekerja sebagai pengatur tekanan bahan bakar. 

    Fuel pressure regulator berperan sangat penting. Tanpa komponen ini, mobil Anda tidak dapat menyala, bergerak, dan digunakan. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan berikut ini.

    Fungsi Fuel Pressure Regulator

    Terdapat 4 (empat) fungsi dari fuel pressure regulator yang berkaitan dengan tekanan bahan bakar:

            1. Mengatur tekanan bahan bakar 

    Fungsi pertama sebagai pengatur tekanan bahan bakar pada sistem injeksi bahan bakar elektronik. Perangkat ini bergantung pada tekanan intake manifold atau fuel injector.

    Kenaikan intake manifold, menyebabkan tekanan rail fuel ikut naik. Fuel pressure regulator akan membiarkan tekanan bahan bakar menyesuaikan kondisi. Jika tekanan konstan, mesin tidak memperoleh bahan bakar yang tepat.

    Singkatnya, tekanan bahan bakar akan menyesuaikan perubahan pada tekanan intake manifold.

            2. Mendukung kinerja fuel injector

    Tekanan bahan bakar harus selalu dipastikan demi peningkatan kinerja fuel injector. Tanpa fuel pressure regulator mobil, aliran bahan bakar pada sistem tidak akan pernah mencapai fuel injector. 

    Fuel Pressure Regulator akan menjaga kestabilan tekanan bahan bakar dengan mengendalikan banyaknya bahan bakar yang kembali ke tangki sehingga alirannya terkontrol. 

            3. Kestabilan bahan bakar

    Fungsi selanjutnya memastikan ketersediaan bahan bakar agar selalu stabil. Bahan bakar yang mengalir akan dipastikan sesuai banyaknya kebutuhan oleh fuel pressure regulator mobil.

            4. Menjaga bentuk kabut bahan bakar

    Fungsi ini untuk mengelola tekanan pada pipa penghantar agar sesuai dengan kebutuhan. Perlu dilakukan agar bahan bakar selalu berbentuk uap atau kabut yang mampu mengoptimalkan proses pembakaran pada ruang pembakaran. Jika tidak, maka timbul permasalahan seperti mesin boros dan susah dinyalakan.

    Sistem Kerja Fuel Pressure Regulator

    Fuel Pressure Regulator berada di salah satu ujung pipa penghantar untuk mengawasi tekanan bahan bakar di dalam mesin. Bekerja untuk mengembalikan bensin ke tangki.