Berita

    Ketahui Fungsi Busi Mobil, Jenis dan Cara Kerjanya

    Apakah Anda sering mengalami mobil sulit dinyalakan di pagi hari? Bila hal ini terjadi, busi mobil menjadi salah satu komponen yang dianggap bermasalah. Ketika busi tidak sehat, berbagai masalah sistem pembakaran mobil akan terjadi. 

    Dampaknya tentu saja begitu banyak, bahkan dapat mengganggu kenyamanan berkendara. Sebenarnya, apa saja fungsi yang dimiliki busi ini?

    Fungsi Busi Mobil

    Berikut sejumlah fungsi yang dimiliki komponen ini, antara lain:

            1. Menghidupkan Mesin Kendaraan

    Fungsi busi kendaraan yang pertama adalah menghidupkan mesin mobil. Bila tidak ada busi, mesin tidak bisa bekerja dengan optimal dan mesin sulit dihidupkan. Oleh sebab itu, Anda harus memelihara sekaligus merawat busi dengan baik. 

            2. Membakar Bensin

    Fungsi yang dimiliki busi lainnya adalah membakar bensin. Sesudah dikompres oleh piston, bensin akan disalurkan ke busi. Kemudian, busi akan membakar bensin, hasil dari proses pembakaran ini yang nantinya akan menghasilkan tenaga yang bisa menggerakkan mobil.

    Sehingga, mustahil dapat menghidupkan mesin mobil bila busi tidak bekerja dengan optimal. Busi yang rusak atau kotor bisa membuat mobil berjalan dengan tersendat atau bahkan tiba-tiba mati. 

            3. Munculnya Percikan Listrik

    Busi juga memiliki fungsi menghasilkan listrik dengan menggunakan daya tertentu. Listrik yang muncul dari busi merupakan hasil dari gesekan koil pengapian dan elektroda. Percikan ini keluar dari celah busi. 

    Oleh sebab itu ukuran celah busi akan menentukan seperti apa tenaga percikan yang akan digunakan untuk pembakaran bensin. Cara untuk mengecek apakah busi mobil hidup atau mati adalah dengan melihat percikan yang dikeluarkan. 

    Bila mobil mengeluarkan listrik, dapat dipastikan jika komponen tersebut sehat, tetapi bila tidak terdapat percikan listrik, bisa dipastikan jika busi sudah rusak. 

            4. Menjaga Kestabilan Mesin

    Busi juga memiliki peran sebagai penjaga kestabilan mesin. Saat busi berfungsi dengan baik. Laju mesin akan stabil. Bahkan, ketika dihidupkan, deru mesin akan langsung terdengar, begitu juga ketika dijalankan. Performa mobil akan sangat baik serta tidak tersendat di perjalanan. 

    Cara Merawat Busi Mobil

    Dengan banyaknya fungsi yang dimilikinya, perawatan untuk busi ini harus dilakukan. Berikut langkah untuk merawatnya, antara lain: