Berita

    Mesin Mobil Memiliki Bunyi "Klotok Klotok", Cek Penyebabnya Disini!

    Setiap pemilik mobil sudah seharusnya selalu merawat mobilnya dengan rutin. Walaupun sudah dirawat dengan rutin, tapi tetap saja pernah mengalami mesin mobil yang berbunyi klotok - klotok . Mesin mobil bunyi klotok-klotok merupakan satu pertanda kalau ada yang nggak beres pada mesin dan gejala ini tidak bisa dianggap sepele. Kondisi ini sering kali bikin pemilik mobil panik dan bingung terutama jika tidak mengetahui penyebabnya. Biasanya bunyi yang muncul itu terdengar seperti ketukan logam dari dalam kap mesin saat mobil dinyalakan. Bahkan bunyinya bisa makin nyaring pada saat mobil berjalan.  

    Dibawah ini, kami akan membagikan  penyebab yang bisa membuat mesin mobil anda terdengar bunyi klotok - klotok.  

    Penyebab Mesin Mobil Berbunyi Klotok - Klotok

    Saat mesin mobil berbunyi klotok-klotok, itu artinya mesin bermasalah di suatu tempat. Berikut ada beberapa kemungkinan bunyi tersebut terjadi :

    1. Terjadinya Engine Knocking

    Engine knocking atau orang biasa menyebut ngelitik adalah suara mirip ketukan logam yang berasal dari pembakaran yang kurang sempurna. Biasanya ini disebabkan karena anda menggunakan bensin yang memiliki oktan rendah. Meski suaranya mirip ketukan logam, bunyi ini tidak disebabkan karena keausan atau oblaknya salah satu komponen mesin jadi anda tidak perlu terlalu khawatir. Solusi untuk knocking adalah dengan melakukan tune up dan menggunakan bensin beroktan tinggi.

            2.Oli Belum Naik

    Kalau bunyi klotok-klotok muncul saat anda menghidupkan mesin di pagi hari atau ketika anda pertama kali menghidupkan mesin setelah mesin mati selama seharian, maka itu bisa disebabkan olinya belum naik.

    Perlu diketahui, oli mobil bisa mengalir ke seluruh partisi mesin yang membutuhkan dengan bantuan alat seperti pompa. Nah, pompa ini hanya akan bekerja ketika mesin mobil dinyalakan. Bunyi klotok-klotok yang muncul ini bisa dibilang wajar karena oli belum naik sepenuhnya. Namun anda tak perlu khawatir kalau memang penyebabnya cuma karena oli yang belum naik. Kalau sirkulasinya sudah lancar, bunyi klotok-klotok itu bisa hilang dengan sendirinya. 

            3.Celah Katup Lebar

    Bagi yang belum tahu, celah katup adalah sebuah jarak atau celah antara batang katup dengan rocker arm. Fungsi celah ini adalah sebagai batas toleransi terhadap batang katup saat memuai, jadi ketika mesin panas otomatis ada sedikit pemuaian pada batang katup karena bahannya logam. 

    Umumnya, setelan standar untuk celah katup ini adalah maksimal 0,3 mm dan harus disetel ulang karena penggunaan mesin dapat mengubah ukuran celah. Nah, jika Anda melewatkan penyetelan, celah katup pun akan melebar. Pelatuk klep akan menabrak batang katup dan mengeluarkan bunyi klotok klotok. Untuk itu, sebaiknya Anda tidak melewatkan penyetelan ulang celah katup antara batang klep dan pelatuk klep.

            4.Bantalan crankshaft aus

    Crankshaft atau biasa disebut poros engkol merupakan komponen yang berfungsi untuk mengubah naik turunnya piston jadi gerakan memutar. Pada komponen ini ada dua bantalan yang disebut main bearing dan conrod bearing yang bisa aus kapan saja.  Ketika bantalan itu aus, maka bisa membuat suara mesin jadi lebih kasar sampai bunyi klotok-klotok terdengar saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi. 

    Kerusakan yang terjadi akibat bantalan poros engkol yang aus terbilang cukup kecil, tapi suara yang muncul itu bisa bikin pengemudi was-was dan khawatir. Solusi terbaik untuk mengatasi hal itu adalah mengganti karet bantalan yang aus. 

    Nah, itulah beberapa penyebab mesin mobil anda mengalami bunyi klotok - klotok. Jangan keburu panik jika bunyi itu muncul, segera deteksi penyebabnya dan atasi masalah yang ada dengan membawa mobil ke bengkel resmi suzuki.  Dan untuk anda yang berada di lokasi sekitar Bali anda bisa  mengunjungi website https://suzukibali.id/ kami untuk mendapatkan promo menarik tentunya.