Berita

    Simak dan Ketahui Ciri-Ciri Shockbreaker Mobil Rusak!

    Komponen shockbreaker mobil merupakan komponen yang berada di bagian ban mobil. Fungsinya sebagai penentu kenyamanan dan keamanan Anda dalam berkendara. Namun, banyak pengendara yang tidak mengetahui ciri-ciri jika shockbreaker rusak.

    Padahal, komponen satu ini sangat vital dan jika tidak dicegah kerusakannya akan berakibat fatal bagi kendaraan Anda. Maka dari itu, pada artikel ini akan dijelaskan ciri-ciri shockbreaker mengalami kerusakan. Tujuannya agar Anda dapat mencegah dan meminimalisasi kerusakannya!

    6 Ciri Shockbreaker Mobil Mengalami Kerusakan

    Ketika berkendara mobil, Anda tentu merasakan kenyamanan dan goncangan yang lembut ketika melewati polisi tidur. Hal ini karena peran shockbreaker pada ban mobil Anda. Bayangkan jika shockbreaker rusak, maka mobil Anda akan mudah terguncang.

    Maka dari itu, terkadang Anda merasakan guncangan mobil terasa kasar sekali. Barangkali hal ini yang menjadi ciri bahwa ada masalah pada shockbreaker Anda. Untuk lebih jelasnya, simak ciri-ciri shockbreaker kendaraan mobil Anda rusak berikut ini:

            1. Mobil Mulai Terdengar Suara Bising

    Ciri pertama yang dapat Anda ketahui ketika shockbreaker bermasalah adalah suara bising pada mobil. Apabila Anda mendengar suara aneh dan bising pada bagian belakang mobil, maka dapat dikatakan bahwa ada masalah pada shockbreaker kendaraan mobil Anda.

    Ciri lainnya adalah ketika Anda melewati jalan bergelombang dan tidak rata. Maka bagian belakang mobil Anda akan berisik dan bergetar. Oleh karena itu, Anda wajib waspada apabila sudah mengalami hal satu ini.

            2. Ban Mobil Terasa Goyang

    Ban mobil yang terasa goyang dan bergetar terlalu “lebay” menjadi salah satu indikasi bahwa ada masalah pada shockbreaker kendaraan Anda. Karena fungsi shockbreaker yang membuat Anda nyaman dalam berkendara, maka apabila mobil terasa bergoyang, bisa jadi masalahnya ada pada komponen shockbreaker.

            3. Kebocoran Pada Oli Mesin Mobil

    Shockbreaker yang rusak pada kendaraan mobil Anda juga dapat dicirikan dengan kebocoran oli pada mesin mobil. Hal tersebut karena shockbreaker membutuhkan oli untuk dapat bekerja dengan baik. Anda dapat melihat apakah di bawah terdapat lumuran oli yang tumpah.

    Apabila keadaannya seperti itu, maka Anda harus waspada karena berarti shockbreaker kendaraan Anda bermasalah. Hal ini patut diwaspadai sebelum lumuran oli mengakibatkan kerusakan mesin mobil yang lain.