Berita

    Apa Itu Hand Grip pada Mobil dan Tips Penggunaannya

    Sebagai pengguna mobil, apakah Anda sudah cukup paham tentang hand grip mobil? Komponen yang satu ini ternyata bukan hanya sekadar aksesoris maupun pelengkap interior mobil. 

    Hand grip ternyata memiliki peran penting dalam mendukung kenyamanan penumpang selama berkendara menggunakan mobil. Mari cari tahu apa sebenarnya hand grip itu dan seperti apa cara pemakaian yang tepat. 

    Apa Itu Hand Grip Mobil?

    Hand grip merupakan sebuah istilah untuk alat yang dipakai sebagai pegangan tangan saat berada di dalam mobil. Umumnya hand grip ini berada di setiap bagian baris kursi dalam kabin mobil. 

    Pengguna mobil biasanya akan meletakkan tangannya ke bagian hand grip saat mobil melaju di jalanan yang rusak atau tidak rata. Tujuannya agar tubuh tidak bergoyang dan berguncang terlalu kuat. 

    Hand grip akan membantu menahan guncangan yang diterima oleh tubuh Anda saat mobil bergoyang. Jika Anda memegang bagian ini dengan cukup kuat, maka guncangan tersebut tidak akan terlalu terasa dan Anda tetap nyaman di dalam mobil. 

    Fungsi Hand Grip

    Tentunya keberadaan hand grip ini tidak diciptakan tanpa tujuan. Bagian ini mungkin terlihat sepele tapi ternyata punya banyak fungsi penting. Berikut adalah beberapa fungsi hand grip mobil:

    • Mempertahankan Posisi Duduk

    Alat ini akan membantu mempertahankan posisi duduk penumpang saat berada di dalam mobil. Fungsinya akan bekerja optimal bersama dengan sabuk pengaman yang Anda pakai saat berkendara. 

    • Membantu Penumpang Keluar Masuk

    Hand grip juga berfungsi membantu penumpang keluar dan masuk mobil. Misalnya pada mobil yang memiliki desain cukup tinggi, biasanya penumpang akan kesulitan jika tidak ada pegangan di bagian atas. 

    Contohnya pada jenis mobil SUV yang cukup tinggi. Pegangan ini bisa membantu Anda yang memiliki postur tubuh kecil agar bisa lebih mudah masuk maupun keluar mobil dengan aman. 

    • Meningkatkan Rasa Nyaman

    Fungsi lain dari hand grip mobil adalah meningkatkan rasa nyaman selama berkendara di dalam mobil. Apalagi jika Anda berkendara melewati jalan yang tidak rata atau bergelombang. 

    Biasanya tubuh akan terguncang dan bergoyang saat mobil melaju di jalan yang tidak rata. Hal ini bisa mengurangi rasa nyaman di dalam mobil jadi sebaiknya memang berpegangan pada hand grip.  

    Tips Pemakaian