Berita

    Featured Image

    Cat Mobil Anda Mengelupas? Ini Penyebab dan Solusinya

    Cat mobil mengelupas menjadi masalah yang kerap dihadapi oleh pemilik kendaraan. Penyebabnya pun bermacam-macam, seperti terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung, terdampak cuaca ekstrem, kesalahan dalam perawatan, dan masih banyak lagi.

    Mengetahui apa penyebabnya dapat mempermudah Anda dalam menemukan solusi yang tepat. Untuk itu, pastikan Anda membaca artikel ini sampai akhir agar tidak terlewat satu informasi pun.

    8 Penyebab Cat Mobil Mengelupas

    Mengendarai mobil dengan cat yang mengelupas tentu sangat mengusik rasa percaya diri Anda. Jika Anda sedang mengalaminya, silahkan mencari tahu akar permasalahannya melalui pembahasan delapan penyebab utama kerusakan pada cat mobil di bawah ini.

    1. Paparan Sinar UV

    Sinar UV dari matahari pada awalnya hanya membuat cat menjadi kusam. Seiring berjalannya waktu, kikisan halus tersebut berubah menjadi pengelupasan. 

    Sebisa mungkin, Anda sebaiknya menghindari area parkir yang terkena sinar matahari secara langsung untuk menghindari risiko cat mobil mengelupas.

    1. Paparan Zat Kimia

    Zat kimia bukan semerta-merta cairan yang berasal dari pabrik saja. Zat kimia dari alam, seperti air hujan, kotoran burung, dan getah pohon juga dapat menyebabkan terkelupasnya cat. Karena itu, segera bersihkan mobil jika terkena zat-zat tersebut.

    1. Cuaca Ekstrem

    Perubahan cuaca yang sangat kontras dan tidak menentu juga memicu reaksi kimia yang memudarkan warna pada permukaan mobil. Jadi, Anda harus selalu membersihkan dan merawat mobil dengan telaten.

    1. Kesalahan Perawatan

    Menggunakan cairan pembersih dengan bahan yang berbahaya, mencuci mobil dengan spons yang sudah lama atau kotor, serta menggosok permukaan mobil terlalu kencang dapat merusak cat mobil Anda.

    Untuk itu, gantilah alat pembersih yang khusus dan aman untuk cat mobil. Pelajari dan terapkan teknik membersihkan mobil yang tepat.

    1. Kualitas Cat Rendah

    Cat yang tidak memenuhi standar memiliki pigmen dan bahan pengikat yang kurang baik, sehingga menyebabkan cat mobil mengelupas. Sebaiknya, Anda memilih cat yang sesuai dengan standar dan spesifikasi mobil Anda.

    1. Cara Pengecatan Tidak Tepat

    Jika permukaan mobil Anda tidak dibersihkan sebelum pengecatan, maka cat tidak akan menempel dengan baik. Alhasil, cat akan mudah terkelupas. Selain itu, hindari mengecat terlalu tebal atau terlalu tipis agar pengikatan cat dapat bekerja dengan baik.

    Ikutilah petunjuk pabrik saat mengecat mobil. Pengaplikasian cat yang tidak tepat akan meningkatkan kerentanan cat mobil terhadap pengelupasan.

    1. Kerusakan Fisik

    Kerusakan fisik, mulai dari benturan, goresan, hingga karat dapat menjadi celah air dan kotoran masuk ke sela-sela lapisan cat. Oleh karena itu, upayakan agar selalu berhati-hati saat mengemudi dan parkir.

    Jika sudah terlanjur, manfaatkan produk penghilang luka gores pada body mobil yang sesuai dengan jenis cat mobil Anda. Kemudian, gunakan pengisi retak untuk menutup keretakan dan pelapis anti karat untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

    1. Usia Cat

    Seperti halnya komponen lain pada mobil, cat juga memiliki usia yang memungkinkannya rapuh dan pecah. Cat mobil biasanya efektif menempel sekitar 5 sampai 10 tahun. Keawetannya pun bergantung pada kondisi lingkungan Anda.

    Jika tanda-tanda pengelupasan cat mulai muncul atau usia mobil sudah terlalu lama, pertimbangkan untuk melakukan pengecatan ulang. Jangan sampai lupa, mobil yang sudah lama juga memerlukan perawatan yang ekstra.