Berita

    Fungsi High Mount Stop Lamp atau Lampu Rem Tambahan

    Lampu rem tambahan merupakan komponen lampu yang penting dalam mobil. Namun, komponen ini sering terabaikan atau hanya dianggap sebagai pajangan.

    Padahal, komponen lampu yang satu ini memiliki fungsi penting yang sangat berkaitan dengan aspek keselamatan. Fungsinya dapat lebih terasa jika berada di jalan yang ramai atau padat.

    Mengenal High Mount Stop Lamp (HMSL) atau Lampu Rem Tambahan

    Lampu rem yang satu ini juga sering disebut sebagai lampu rem ketiga atau third brake. Posisi pemasangan dari lampu ini adalah di bagian belakang, di tengah atas dari mobil.

    Dengan posisi tersebut, maka lampu peringatan ini dapat lebih terlihat, dibanding hanya menggunakan lampu rem bagian kanan dan kiri.

    Sama seperti lampu rem lainnya, lampu ini adalah tanda peringatan bahwa kendaraan sedang mengerem atau memperlambat lajunya. Ini menjadi salah satu media komunikasi ketika sedang berkendara.

    Lampu ini menggunakan warna merah dan hanya warna merah saja yang diperbolehkan. Pemilihan warna ini juga ada alasannya. Warna tersebut dapat meningkatkan rasa waspada serta mudah terlihat untuk jarak pandang yang jauh.

    Penggunaan warna merah ini tidak hanya berlaku di Indonesia. Negara lain juga mewajibkan penggunaan warna ini demi aspek keselamatan.

    Biasanya, lampu rem ini menggunakan lampu LED atau Light Emitting Diodes. Cahaya yang digunakan biasanya lebih terang dibanding kedua lampu rem lainnya.

    Fungsi Lampu Rem Tambahan

    Sebagai lampu rem ketiga yang mendukung kinerja kedua lampu rem lainnya, lampu ini memiliki fungsi sebagai berikut.

    • Supaya Mobil Lain Semakin Tahu bahwa Mobil Sedang Mengerem

    Sebagaimana lampu rem yang lain, fungsi utama dari lampu ini adalah untuk membuat pengemudi di belakang tahu bahwa mobil Anda sedang mengerem atau mengurangi kecepatan.

    Tidak hanya untuk memberi tahu pengemudi lain yang tepat berada di belakangnya, namun juga semua pengguna jalan lain di sekitar belakang mobil tersebut.

    iStock

    Adanya ketiga lampu yang terlihat menyala secara bersama, akan membuat pengemudi lain dapat lebih peka dan lebih cepat ketika memberikan respons. Dengan begitu, mereka dapat menyesuaikan dengan situasi tersebut.

    • Dapat Menembus Dua sampai Tiga Kendaraan di Belakang