Berita

    Featured Image

    Hindari Kebiasaan Ini Agar AC Mobil Tetap Awet

    Mengetahui cara merawat AC mobil dapat membantu Anda untuk menjaga AC tetap awet. Pasalnya, ada beberapa kebiasaan yang bisa membuat AC lebih cepat rusak. Misalnya, merokok di dalam kabin atau tidak mengabaikan perawatan AC.

    Untuk menjaga performa AC pada mobil, Anda perlu melakukan perawatan yang benar secara rutin. Dengan begitu, AC akan lebih awet. Untuk mengetahui kebiasaan yang dapat merusak AC dan cara merawat AC, mari simak informasi berikut!

    Cara Merawat AC Mobil Agar Awet dan Kebiasaan yang Bisa Merusaknya

    Agar AC mobil tetap berfungsi dengan baik dan awet, perlu adanya perawatan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat AC mobil agar tetap awet lengkap dengan beberapa kebiasaan yang harus dihindari:

    • Hindari Membuka Jendela saat Menyalakan AC

    Membuka jendela saat AC mobil menyala dapat mengakibatkan udara panas dari luar masuk ke dalam mobil, membuat AC bekerja lebih keras. Maka dari itu, lebih baik untuk menjaga jendela tetap tertutup ketika menggunakan AC. 

    Hindari Membuka Jendela saat Menyalakan ACFreepik.com

    Hal ini akan membantu AC mobil Anda untuk lebih efisien dalam mendinginkan udara di dalam kabin, serta mengurangi beban kerja pada sistem pendingin.

    • Jangan Merokok di Dalam Mobil

    Cara merawat AC mobil berikutnya yaitu hindari merokok di dalam mobil. Asap rokok dapat meninggalkan residu yang menempel pada bagian interior mobil, termasuk pada sistem ventilasi AC. 

    Hal ini dapat mengakibatkan penurunan kualitas udara yang keluar dari AC serta menimbulkan bau tidak sedap. 

    Untuk menjaga kualitas udara dalam mobil dan memperpanjang umur AC, hindarilah merokok di dalam mobil. Ini juga akan membantu menjaga kesehatan Anda dan penumpang yang tidak merokok.

    • Bersihkan Kondensor AC dengan Rutin

    Kondensor AC adalah komponen yang berfungsi untuk menurunkan suhu air pendingin lalu mengubah freon menjadi bentuk cair hingga terjadi kondensasi. Namun, kondensor tersebut rentan terhadap kotoran dan debu.

    Pastikan untuk membersihkan kondensor AC secara rutin, terutama jika Anda sering berkendara di daerah yang berdebu atau kotor. 

    Membersihkan kondensor secara teratur akan memastikan bahwa AC mobil Anda tetap bekerja dengan efisien dan mencegah kerusakan akibat penumpukan kotoran.

    • Jangan Matikan AC dalam Waktu Lama

    Membiarkan AC mobil mati dalam waktu lama dapat menyebabkan terbentuknya jamur dan bakteri di dalam sistem AC. Hal ini dapat mengakibatkan penyebaran bau tidak sedap dan bahkan masalah kesehatan bagi penumpang. 

    Untuk mencegah hal ini, sebaiknya hidupkan AC setidaknya sekali seminggu selama beberapa menit, bahkan jika Anda tidak menggunakannya. 

    Cara merawat AC mobil ini akan membantu menjaga kebersihan dan kualitas udara dalam mobil Anda, serta memperpanjang umur AC.

    • Jaga Saringan Udara Kabin

    Saringan udara kabin berfungsi untuk menyaring debu, kotoran, dan partikel lainnya dari udara yang masuk ke dalam mobil. Jika saringan udara kabin terlalu kotor, dapat mengurangi aliran udara dan membuat AC bekerja lebih keras. 

    Pastikan untuk memeriksa dan membersihkan atau mengganti saringan udara kabin secara teratur sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Dengan begitu, Anda dapat menjaga AC agar performanya tidak terhambat dan lebih awet.