Berita

    Kenali dan Rawat Filter Udara Agar Mobil Tidak Boros Bahan Bakar

    Mobil memiliki berbagai komponen yang mendukung performa dan kinerjanya. Salah satu komponen penting yang memiliki korelasi dengan performa mobil adalah filter udara. Komponen ini berfungsi sebagai penyaring udara yang masuk ke ruang bakar mesin.

    Kaitan filter udara dalam mekanisme kerja mesin mobil ini, tentu menjadikannya berperan penting dalam memaksimalkan kinerja ruang bakar. Untuk itu, setiap pengguna mobil harus memiliki perhatian khusus pada komponen ini, jika ingin performa mobilnya tetap terjaga dan prima.

    Pengertian Filter Udara

    Secara lebih detail, komponen ini menyaring udara dari air intake ke ruang pembakaran. Proses pembakaran, dalam sistem injeksi atau karburator membutuhkan udara yang bersih, dan itu didapat berkat hasil penyaringan udara melalui filter udara.

    Artinya kinerja mobil akan menurun jika terjadi masalah pada filter udara. Ia rentan dengan penyumbatan akibat debu dan kotoran sehingga perlu dibersihkan dalam kurun waktu tertentu.

    Filter udara yang bermasalah, akan langsung terasa pada performa mobil. Banyak teknisi yang mengungkapkan penumpukan kotoran pada filter udara akan berpengaruh pada tarikan mobil yang cenderung melemah atau tidak responsif. Akibatnya pengguna mobil tak nyaman mengemudi karena tarikannya yang lemot.

    Jenis-Jenis Filter Udara

    Material filter udara yang tersedia di pasar saat ini menggunakan kertas, busa, dan kain. Kebanyakan filter udara yang diproduksi pabrikan berbahan kertas. Keunggulannya adalah mampu menyaring partikel debu yang sangat kecil.

    Ada juga filter udara yang terbuat dari busa atau foam sebagai elemen saring. Filter ini sering disebut wet foam filter karena penggunaanya membutuhkan oli untuk menangkap kotoran yang berukuran sangat kecil. Sayangnya, filter ini berumur pendek.

    Filter lain terbuat dari bahan kain. Bahan kain ini juga terkenal sangat baik untuk menyaring kotoran dan sangat mudah dibersihkan. Kelebihan utamanya adalah umur pakai yang sangat panjang karena bisa dipakai berulang-ulang.

    Cara Bersihkan Filter Udara

    Perawatan filter udara cukup sederhana. Untuk membersihkannya bisa dilakukan dengan menggunakan mesin kompresor dengan cara menyemprotkan udara bertekanan agar proses pembersihan filter udara lebih mudah. Dengan meniupkan angin bertekanan tertentu secara searah, aliran udara sudah dapat merontokkan kotoran pada filter udara.

    Apabila pemilik mobil tidak memiliki mesin kompresor udara, dapat juga dibersihkan dengan cara memukulkan filter udara ke benda padat lainnya, agar kotoran yang menempel rontok. Disarankan filter udara dibersihkan saat melakukan servis ringan di dealer.

    Pabrikan otomotif menyarankan filter udara atau air filter dibersihkan secara berkala. Pembersihan komponen ini, bisa dilakukan setiap 10.000 km. Namun, air filter perlu diganti dengan yang baru jika sudah mencapai 40.000 km, agar tidak mengganggu kinerja mesin mobil.

    Kalau Anda ingin melakukan penggantian ataupun perawatan filter udara tidak usah repot dan khawatir. Anda bisa datang ke dealer resmi Suzuki Kebayoran Jaya Indah Utama. Dipastikan Anda akan mendapatkan filter udara dengan kualitas baik dan original. ​​​​​​​