Berita

    Ketahui Cara Mengemudi Mobil Manual untuk Pemula

    Bagi Anda yang memilih membeli mobil baru tipe MT, atau Manual Transmission, apakah Anda sudah menguasai cara menyetir mobil manual? Anda sepertinya suka dengan tantangan dan ingin merasakan pengalaman mengemudikan mobil yang sebenarnya, bukan?

    Sebab belajar mengemudikan mobil manual cenderung membutuhkan waktu karena lebih sulit dari mobil transmisi otomatis. Anda harus mampu menemukan stik gigi atau tuas persneling, serta pedal kopling yang semuanya dioperasikan manual agar bisa mengganti gigi mobil.

    Namun, Anda akan menjadi pengemudi mobil manual yang ahli apabila memahami caranya. Tanpa berlama-lama, berikut adalah cara mengemudikan mobil manual untuk Anda para pemula.

    6 Cara Menyetir Mobil Manual bagi Pemula

    Terapkan langkah-langkah berikut ini agar Anda bisa segera beradaptasi dengan sistem kemudi manual.

    1. Berkenalan dengan Komponen Mobil Manual

    Pahami dan pelajari semua komponen yang ada di mobil manual. Beberapa contoh komponen wajib yang penting Anda kenali adalah pedal gas, pedal rem, pedal kopling, hingga tuas persneling. 

    Hafalkan posisi tiap komponen tersebut agar Anda tidak bingung saat belajar mengendarainya. Untuk pedal di posisi kanan adalah pedal gas, lalu pedal yang terletak di tengah adalah pedal rem, sedangkan pedal di posisi kiri adalah pedal kopling.

    2. Belajar Cara Menghidupkan Mesin

    Untuk menyalakan mesin mobil manual, pastikan tuas persneling ada pada kondisi netral sebelum Anda memutar kunci kontak. Setelah itu, injak pedal kopling. Kemudian, masukkan kunci kontak dan putar agar mesin mobilnya hidup.

    Bila mesin sudah menyala, lepas pelan-pelan injakan Anda pada pedal kopling agar jalannya tidak melompat.

    3. Latihan Berpindah Gigi Mobil

    Latih diri Anda agar mampu berpindah gigi secara manual dengan membiasakan pengendalian pedal kopling, pedal gas, serta tuas persneling dengan irama yang pas. 

    Anda bisa memperhatikan RPM yang tertera di panel instrumen saat ingin oper gigi mobil. Setiap 3.000 sampai 3.500 RPM, naikkan posisi gigi lalu oper ke gigi yang lebih rendah ketika akan mengerem. 

    Perhatikan kaki kiri Anda di kopling serta kaki kanan Anda di gas. Injak penuh pedal kopling dulu, lalu lepas kaki kanan dari pedal gas, barulah setelah itu Anda dapat berpindah gigi.

    Anda harus mempertahankan RPM dengan cara mengontrol injakan kaki di pedal gas. Angkat perlahan kaki kiri Anda dari pedal kopling dengan kaki kanan pada pedal gas, agar mesin tidak mati dan berhenti tiba-tiba.