Berita

    Featured Image

    Mengenal Kegunaan Avometer pada Perawatan Mesin

    Avometer adalah sebuah alat ukur khusus kelistrikan yang biasa digunakan pada kendaraan. Alat ini bekerja mengukur arus listrik, hambatan, juga tegangan pada kendaraan  yang Anda gunakan.  

    Pada dasarnya avometer memiliki cara kerja yang cukup kompleks. Nama avometer itu sendiri berasal dari kependekan ampere untuk arus listrik, volt untuk tegangan listrik dan ohm meter untuk hambatan listrik.

    Jenis-Jenis Avometer

    Ada 2 jenis avometer yang biasa digunakan oleh mekanik dalam melakukan perawatan mobil yaitu avometer analog dan digital. Berikut ini penjelasan untuk masing-masing jenis avometer tersebut. 

    • Avometer Analog

    Jenis avometer yang satu ini sering juga disebut sebagai avometer manual. Alat ini akan menunjukkan skala dalam bentuk jarum. Akurasinya sangat bergantung pada ketepatan Anda dalam membaca angka yang ditunjuk oleh jarum tersebut. 

    Avometer analog memiliki tingkat pengukuran maksimal sebatas skala pointer. Bisa dikatakan bahwa skala pengukuran untuk alat avometer ini sangat terbatas dan lebih sulit digunakan. 

    • Avometer Digital

    Sementara itu avometer digital memiliki hasil pengukuran dalam bentuk angka yang akan langsung muncul di bagian layar. Jadi Anda tidak perlu membaca jarum dan akurasinya bisa jauh lebih tinggi. 

    Selain akurasinya lebih tinggi, avometer digital memiliki keunggulan lain. Alat ini memiliki auto polaritas yang bisa meminimalisir kesalahan saat tersambung ke terminal. 

    Cara Kerja Avometer

    Cara Kerja Avometer

    Sebelum memahami lebih jauh apa sebenarnya kegunaan dari avometer terhadap perawatan mesin, mari cari tahu dulu seperti apa cara kerjanya. Berikut ini beberapa poin penting terkait cara kerja avometer yang perlu Anda ketahui. 

    • Mengukur Tegangan AC

    Salah satu fungsi utama avometer adalah mengukur tegangan AC jika Anda mengatur posisi selektor ke ACV. Jika Anda memakai multimeter yang analog, maka pastikan untuk memilih nilai tegangan pada 300 volt

    Setelah itu Anda bisa menghubungkan probe ke terminal yang akan diukur. Tahan posisi probe tersebut sampai muncul hasil pengukurannya. 

    • Mengukur Hambatan Listrik

    Avometer juga dapat melakukan pengukuran hambatan listrik. Dalam hal ini avometer akan memberi informasi apakah kabel yang dipakai dalam kondisi tersambung atau tidak. 

    Pertama-tama, Anda bisa menentukan perkiraan nilai hambatan lalu awali dengan tanda x pada avometer analog. Selanjutnya hubungkan probe kepada resistor lalu tahan posisi keduanya sampai muncul hasil pengukuran. 

    • Mengukur Arus Listrik

    Fungsi avometer lainnya adalah mengukur arus listrik. Cara kerjanya juga cukup sederhana dengan memakai soket agar hasil pengukurannya bisa tepat. 

    Kegunaan Avometer pada Perawatan Mesin Mobil

    Avometer adalah salah satu jenis alat yang sangat penting dalam proses perawatan mesin mobil Anda. Jika Anda ingin memastikan mobil selalu dalam kondisi prima maka perlu melibatkan pemakaian avometer. 

    Melalui avometer, mekanik bisa tahu kondisi kelistrikan pada mobil Anda. Jika hasil pengukuran pada avometer menunjukkan adanya kejanggalan atau skala di bawah angka normal maka mekanik akan segera mengambil tindakan yang tepat. 

    Hasil pengukuran dari avometer ini akan menjadi acuan bagi mekanik dalam melakukan perawatan mesin mobil. Jika hasil pengukurannya tepat maka mekanik bisa melakukan langkah perawatan yang terbaik demi menjaga performa mobil. 

    Avometer juga bisa membantu mekanik untuk memastikan apakah kendaraan yang sedang dirawat sudah dalam kondisi prima atau belum. Itulah mengapa dibutuhkan cara pengukuran yang tepat dan avometer yang memberi hasil akurat.