Berita

    Mengenal Mobil Hybrid dan Keunggulannya

    Inovasi di bidang teknologi terus mengalami perkembangan. Salah satu produk inovasi yang sedang hangat diperbincangkan yakni mobil hybrid. Sebenarnya, apa sih mobil jenis hybrid ini? Bedan dan keunggulannya apa ya dengan mobil generasi sebelumnya? Simak penjelasan berikut yuk!

    Mobil Hybrid dan Keunggulannya

    Secara sederhana, pengertian dari hybrid adalah kombinasi dari dua hal atau lebih dalam sebuah bidang. Nah apabila disematkan dengan mobil, pengertiannya menjadi kendaraan dengan menggunakan dua jenis sumber tenaga berbeda.

    Bagaimana Maksudnya?

    Anda pasti selama ini mengenal mobil menggunakan bahan bakar jenis bensin untuk menggerakkan mesinnya. Untuk mobil hibrid ini, menggunakan dua tenaga yakni bensin juga baterai. Penggunaan baterai sebagai tenaga cadangan pada mobil.

    Jenis Mobil Hibrida

    Mobil Hibrid memiliki tiga jenis sistem yang berbeda, yaitu:

            1. Sistem Series

    Pada sistem ini, listrik yang dihasilkan pada mobil berasa dari mesin bensin. Sementara untuk menggerakkan roda, maka menggunakan motor listrik.

            2. Sistem Paralel

    Berikutnya ada sistem paralel. Pada sistem ini, apabila RPM berjalan dengan rendah dan hasil dari bensin lemah, maka mesin akan digerakkan oleh motor listrik. Jadi tugasnya adalah menunjang kemampuan bensin. 

            3. Sistem Series-Parallel

    Terakhir adalah kombinasi dari keduanya. Jadi pergerakan roda mobil ini bisa terjadi karena gabungan dari motor listrik juga bensin. Sistem terakhir ini terbilang menguntungkan. Sebab, keduanya mampu untuk mengontrol sumber daya mobil. Dampaknya yakni energi jadi lebih irit dan penggunaannya optimal.

    Keunggulan Mobil Jenis Hybrid

    Ada beberapa keunggulan yang bisa didapatkan. Di antaranya:

    • Emisi yang Dihasilkan Lebih Rendah

    Dengan menggunakan mobil hybrid, kandungan zat beracun yang nantinya ada pada emisi gas buang, bisa berkurang. Bahkan lebih banyak karena ada motor listrik yang bisa mengurangi beban mesin secara optimal.

    • Hemat Bensin

    Mobil ini lebih irit bahan bakar bensin ketimbang yang lain. Sebab, ada tenaga lain yang menunjang untuk memutar mesin mobil.

    • Suara Mesin Lebih Kalem

    Polusi suara yang ditimbulkan oleh penggunaan mobil ini juga rendah. Bahkan mobil hibrida jauh dari kata berisik. Mesinnya tenang dan kalem saat digunakan.

    • Getaran Mobil Juga Tak Banyak