Berita

    Simak Penyebab Sensor Parkir Mobil Mati

    Mobil keluaran terbaru saat ini sudah dilengkapi dengan teknologi canggih untuk menunjang keamanan dan kenyamanan. Salah satu fitur canggihnya adalah sensor parkir. Perlu nih untuk mengetahui penyebab sensor parkir mobil mati agar Anda bisa langsung ambil tindakan.

    Penyebab Sensor Parkir Mobil Mati

    Ada beberapa penyebab mengapa sensor parkir pada mobil bisa mati. Berikut beberapa penyebabnya:

    • Ada Bagian yang Terlepas

    Saat sensor parkir bermasalah, pasti ada satu bagian di dalam sensor yang terlepas, bisa jadi kabelnya atau bahkan ada komponen yang tidak tersambung. Ini bisa menjadi masalah karena tidak dicek sebelumnya.

    • Fuse Lampu yang Mati

    Penyebab lain bisa terjadi karena fuse lampu mati. Ini sangat berpengaruh karena listrik tidak masuk ke sensor. Jadi sensor parkir tidak bisa digunakan untuk mendeteksi bagian belakang mobil saat parkir.

    • Buzzer Speaker yang Mati

    Apakah Anda sudah merasa mengecek semuanya tetapi suara tidak terdengar? Berarti masalah ada pada buzzer speaker.

    • Sensor Mundur Rusak

    Komponen ini memiliki peran krusial untuk sensor parkir. Ketika komponen ini mengalami kerusakan atau putus, maka suara tidak akan terdengar.

    • Modul Sensor ECU Rusak

    Seperti sudah disebutkan di poin sebelumnya, kerusakan sensor mobil bisa disebabkan karena satu komponen yang rusak atau tidak berfungsi. Salah satu komponen yang berpengaruh adalah modul atau ECU. Anda bisa mengecek apakah perlu diganti atau tidak.

    • Tegangan Listrik Tidak Mengalir ke Sensor

    Sensor parkir mobil digerakkan oleh listrik. Bila terjadi masalah pada arus tegangan listrik, maka sensor tidak akan bisa menyala.

    • Sensor Parkir Kotor

    Selain mengecek komponen dalam sensor, Anda bisa coba cek permukaannya. Jangan sampai kotor karena bisa berpengaruh pada deteksi area parkir dan suara yang keluar.

    • Kabel Putus

    Ini terkadang terlupakan, padahal sangat penting. Sebelum mengganti dengan sensor baru, sebaiknya cek dulu kabel sensor. Siapa tahu kabelnya rusak atau putus.

    Cara Memperbaiki Sensor Parkir Mobil Mati

    Ketika Anda sudah tahu apa saja kemungkinan penyebab kerusakan sensor parkir, maka Anda bisa memperbaiki sesuai dengan kerusakan. Berikut beberapa tips cara memperbaiki sensor parkir mobil mati:

    • Cek Komponen yang Tersambung Ke Sensor