Berita

    Featured Image

    Strategi Perawatan Mobil untuk Mengurangi Biaya Tak Terduga

    Tips perawatan mobil tentu sangat penting untuk diterapkan agar performa mesin tetap terjaga dan handal. Meski proses perawatan ini perlu mengeluarkan biaya servis, namun hal ini diupayakan untuk mencegah pengeluaran yang tidak terduga.

    Berbeda halnya jika mobil tidak melakukan perawatan secara berkala, tentu masalah yang timbul bisa beresiko terhadap penggantian komponen secara keseluruhan. Akibatnya, Anda bisa saja mengeluarkan biaya perbaikan dengan nominal yang cukup besar.

    Tips Perawatan Mobil untuk Mengurangi Biaya Tidak Terduga

    Jika Anda ingin lebih menghemat biaya dalam perawatan mobil, tentu harus melakukan strategi yang tepat dan akurat. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan!

    • Melakukan Pemeriksaan Secara Rutin

    Tips yang pertama, lakukan pemeriksaan pada keseluruhan komponen mobil Anda secara berkala. Anda bisa menyesuaikan jadwal pemeriksaannya dengan panduan kendaraan atau buku perawatan khusus pada mobil Anda.

    Sebaiknya, pemeriksaan dilakukan di bengkel resmi dan terpercaya karena mengandalkan teknisi profesional di bidangnya.

    Ini akan memudahkan Anda untuk mendeteksi masalah sejak awal sebelum menjadi masalah yang lebih serius dan bisa berakibat mengeluarkan biaya perbaikan lebih besar.

    • Mengganti Oli Mesin Secara Teratur

    Oli mesin memiliki standar waktu penggunaan sehingga harus diganti secara rutin agar tetap terjaga performanya. Adapun waktu penggantian oli ini bisa Anda lihat berdasarkan jarak tempuh, usia pakai mobil, dan lain sebagainya.

    Misalnya, jika Anda ingin mengganti oli berdasarkan jarak tempuh maka Anda bisa menggantinya setiap 5.000 – 10.000 km. Biasanya, jarak waktu ini bisa dilakukan setidaknya 6 – 12 bulan sekali.

    ganti oli

    Dalam tips perawatan mobil, Anda juga bisa mengganti oli jika kualitas dan kondisinya sudah memburuk. Misalnya, oli tersebut sudah memiliki warna coklat hitam atau teskturnya sudah tercampur dengan kotoran dan debu.

    • Menjaga Kebersihan Mobil

    Kebersihan mobil tentu sangat mempengaruhi kualitas pemakaian dari kendaraan itu sendiri. Jika Anda selalu membersihkan mobil secara rutin, tentu ini dapat mengatasi masalah kerusakan yang membutuhkan biaya penggantian cukup besar.

    Adapun tips perawatan mobil dengan menjaga kebersihan di dalam kabin bisa Anda lakukan dengan menyediakan tempat sampah dan segera membuangnya setelah mobil digunakan.

    Selain itu, Anda juga bisa merawat kualitas jok dengan menggunakan lapisan khusus agar kursi mobil tidak mudah terkena kotoran membandel.

    • Memeriksa Tekanan Ban Mobil

    Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah rutin memeriksa tekanan ban baik sebelum atau setelah ban mobil digunakan. Anda bisa menggunakan alat khusus yang dapat mengeluarkan secara otomatis ukuran tekanan dari ban mobil itu sendiri.

    Selain itu, mengecek kondisi tekanan ban mobil juga bisa Anda lakukan melalui indra penglihatan. Anda harus memperhatikan secara seksama apakah ukuran ban mobil terlihat kurus atau kembung.

    Jika ban mobil dirasa keras, maka bisa saja ban tersebut memiliki tekanan yang berlebih. Namun, apabila ban berbunyi sangat lirih dan tidak menimbulkan pantulan saat dipukul, bisa jadi tekanan ban berkurang.

    Baik, itu dia beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk merawat mobil agar tetap terjaga performa dan ketahanannya. Tips merawat komponen mobil ini tentu lebih mudah dan bisa membuat Anda menghemat lebih banyak biaya untuk pengeluaran kendaraan.