Berita

    Featured Image

    Suspensi Mobil Cepat Rusak? Ini Penyebabnya

    Apakah mobil Anda bergetar tidak wajar saat berkendara? Atau mungkin mobil tidak stabil saat Anda berbelok? Itu semua bisa jadi pertanda bahwa ada kerusakan pada suspensi mobil.

    Suspensi kendaraan pada dasarnya adalah kumpulan sistem komponen yang bekerja untuk menjaga kestabilan mobil dan menyerap guncangan saat berkendara. 

    Kebiasaan-kebiasaan buruk saat berkendara bisa menyebabkan suspensi kendaraan Anda cepat rusak. Lantas, apa saja kebiasaan buruk ini yang menjadi penyebab dari kerusakan suspensi?

    Kenali Penyebab Suspensi Mobil Cepat Rusak

    Berikut adalah penyebab dari kerusakan komponen suspensi kendaraan:

    • Sering Melewati Jalan Terjal

    Anda sering melewati jalan yang terjal, rusak, dan bergelombang? Jika iya, ini bisa menimbulkan kerusakan pada suspensi. 

    Saat melewati jalan yang rusak dan Anda tidak mengurangi kecepatan berkendara, suspensi akan menahan guncangan lebih keras dari biasanya. 

    Akibatnya, kinerja suspensi tidak lagi bisa optimal dan berubah menjadi keras sehingga bisa menyebabkan ketidaknyamanan Anda saat berkendara. 

    • Ausnya Ban Mobil

    Ban mobil yang aus dan menipis juga bisa mempercepat kerusakan suspensi. Ban yang sudah aus akan membuat pergerakan mobil menjadi tidak stabil. Pada akhirnya, suspensi kendaraan menjadi lebih keras. 

    • Membawa Muatan Berlebih

    Ketika Anda sering membawa muatan yang berlebihan, lama-kelamaan suspensi akan rusak. Maka dari itu, Anda wajib memperhatikan jumlah muatan yang ingin diangkut agar suspensi tidak mudah rusak. 

    • Suspensi Kotor dan Kadaluarsa

    Kondisi suspensi yang kotor juga bisa menimbulkan kerusakan pada komponen tersebut. Ketika suspensi kontor, pergerakannya menjadi sulit dan terhambat. 

    Di sisi lain, suspensi juga memiliki usia pakainya. Jika suspensi sudah kadaluarsa, komponen ini tidak bisa bekerja secara efektif. Pada akhirnya, Anda akan merasa tidak nyaman saat berkendara. 

    • Malas Melakukan Servis

    Ini menjadi faktor krusial mengapa suspensi kendaraan bisa cepat rusak. Ketika kesibukan melanda, Anda ada kalanya malas dan jarang melakukan servis pada mobil kesayangan. 

    Konsekuensinya, Anda mungkin saja akan sering mengabaikan kondisi suspensi. Permasalahan kecil pun akan sulit terdeteksi sehingga pada akhirnya akan mendorong kerusakan yang lebih parah. 

    Lantas, bagaimana cara mengatasi suspensi kendaraan agar tahan lama?

    Cara Merawat Suspensi Mobil Agar Awet

    Anda tentu perlu melakukan serangkaian perawatan agar sistem suspensi bisa bekerja optimal. Maka dari itu, ikuti cara-cara berikut ini agar suspensi awet. 

    • Hindari Jalan Rusak

    Sebisa mungkin Anda harus menghindari jalan yang rusak. Jalan yang terjal akan membuat suspensi bekerja lebih keras. Inilah yang membuatnya cepat rusak. 

    Jika tidak ada pilihan lain, Anda bisa mengatur kecepatan agar tidak memberatkan sistem kerja suspensi. Jangan hantam jalan berlubang begitu saja. Lewati jalan yang rusak secara perlahan. 

    • Perhatikan Tekanan Ban

    Agar suspensi awet, tekanan ban perlu diperhatikan. Lakukan pemeriksaan secara berkala apakah tekanan ban sudah sesuai dengan rekomendasi pabrikan atau belum.

    Seperti yang diketahui, ban mobil juga berperan untuk meredam getaran atau guncangan sebelum diteruskan pada sistem suspensi. Jika ban mobil dalam kondisi prima dengan tekanan yang tepat, maka suspensi bisa bekerja lebih ringan.  

    • Perawatan Suspensi secara Rutin

    Percayalah, tanpa perawatan yang rutin, suspensi kendaraan Anda tidak akan tahan lama. Anda harus merawatnya dengan cara membersihkan kotoran dan kerak membandel yang menempel pada suspensi. 

    Kotoran dan kerak ini biasanya membuat pergerakan suspensi menjadi terganggu. Di sisi lain, Anda juga perlu melakukan servis secara berkala untuk mendeteksi kerusakan suspensi sedini mungkin.