Berita

    Tanda-Tanda Stir Mobil Harus Diservis

    Sebagai elemen penting yang keberadaannya harus selalu optimal, stir mobil harus segera diperbaiki jika mulai menandakan tanda-tanda harus diservis. Pasalnya pengalaman mengemudi bisa terganggu jika stir tidak ada dalam kondisi yang baik.

    Apalagi jika mobil sering dipakai dan masa pakainya sudah lama. Perawatannya pun harus detail dan intensif agar performa mobil tetap optimal. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan informasi mengenai tanda-tanda stir harus diservis. 

    Ciri-Ciri Stir Mobil Rusak dan Butuh Tindakan Servis yang Tepat  

    Berbahaya sekali apabila membiarkan stir tidak nyaman. Tapi jangan khawatir sebab Anda bisa menemukan solusinya apabila sudah benar-benar paham dan kenal dengan tanda-tanda rusaknya. Ini dia beberapa ciri stir perlu segera mendapat tindakan servis profesional:

    • Getaran Tidak Normal

    Munculnya getaran yang tidak normal menandakan adanya kerusakan pada sistem kemudi, roda, dan komponen yang ada di bagian tersebut. Hal itu bisa disebabkan karena sistem suspensi mengalami gangguan, ban aus, dan roda yang tidak seimbang.

    Keadaan ini dapat mengakibatkan penurunan tingkat kenyamanan dan stabilitas ketika sedang mengemudi. 

    Oleh karena itu, penting untuk memeriksa dan mengidentifikasi sumber masalahnya serta mengambil tindakan perbaikan yang diperlukan guna menjaga performa setir mobil dalam kondisi optimal.

    • Bunyi Berdecit atau Berderit

    Munculnya bunyi aneh seperti decit atau derit pada stir mobil saat berbelok, itu bisa menunjukkan adanya gesekan di dalam sistem kemudi yang tidak normal. 

    Seperti muncul akibat gesekan pada komponen yang tidak berfungsi dengan baik atau adanya kebocoran pada sistem

    Saran kami, segera periksa semua bagian kemudi, evaluasi tingkat dan kondisi oli power steering, dan pastikan bahwa semua komponen terkait berada dalam kondisi baik. Apabila Anda menemukan komponen yang aus, segera dibersihkan atau diganti.

    • Hilang Cairan Power Steering

    Cairan power steering memiliki peran krusial dalam menjaga performa stir atau kemudi. Apabila terdapat tumpahan cairan di bawah kendaraan, terutama di area roda depan, hal ini dapat mengindikasikan adanya kebocoran pada sistem power steering

    Kehilangan cairan pada sistem power steering dapat menyebabkan menurunnya efisiensi operasional bahkan berisiko menyebabkan kerusakan yang serius.

    • Setir Sulit dikendalikan atau Tidak Lurus

    Apabila Anda merasa kesulitan saat memutar setir atau sebaliknya, setir terasa terlalu longgar, itu bisa jadi tanda lain ada masalah pada stir.

    stir sulit dikendalikan

    Jika setir tidak kembali ke posisi lurus setelah belok, ini bisa menandakan masalah pada suspensi atau sistem kemudi. Kondisi stir sulit dikendalikan ini akan mengganggu dan menyulitkan pengemudi saat mengendarai mobil.

    • Permukaan Ban Habis Tidak Merata

    Kerusakan selanjutnya dapat termanifestasi pada kondisi tapak ban. Saat power steering rusak, tapak ban cenderung mengalami keausan yang tidak merata atau terbatas pada bagian pinggirnya. 

    Ini disebabkan oleh ban mobil yang tidak seimbang, di mana satu sisi roda lebih condong ke kanan atau kiri, sedangkan sisi lainnya tidak menyentuh permukaan jalan dengan merata.

    Jadi, demikian penjelasan mengenai tanda-tanda stir mobil harus segera diservis. Komponen sepenting dan sekrusial ini tidak boleh didiamkan lama sebab akan mengganggu kenyamanan dan keamanan saat Anda mengemudikan mobil.