Berita

    Tips untuk Perawatan Rem Mobil agar Tetap Bekerja dengan Baik

    Mobil menjadi merupakan kendaraan favorit masyarakat untuk berkegiatan sehari-hari. Namun, saat memiliki mobil, itu berarti Anda harus paham pula maintenance dan treatment yang benar, salah satunya rem mobil.

    Komponen satu ini merupakan salah satu yang harus mendapatkan perhatian khusus lantaran perannya yang krusial. Jika ada gangguan, ini bisa menjadi ancaman serius bagi pengemudi dan penumpang. Pastikan Anda merawatnya dengan baik untuk menjamin keselamatan!

    Tips yang benar Merawat Rem Agar Aman

    Di dalam rem, terdapat berbagai bagian penting yang berfungsi untuk mengendalikan kecepatan mobil, termasuk pedal rem, booster rem, selang rem dan masih banyak lagi. 

    Bagian-bagian tersebut memerlukan pemeliharaan yang teratur agar rem berfungsi secara efisien dan lancar. selain itu, pengecekan komponen yang rusak pun tak boleh luput agar mobil tetap selalu siap menerjang berbagai medan. 

    yang tidak kalah penting, pastikan Anda menjaga kinerja setiap bagian rem dengan baik untuk mendukung keselamatan dalam berkendara. Di bawah ini beberapa tips merawat rem agar tetap pakem yang dapat Anda lakukan dengan mudah:

    • Membubut Piringan Rem Mobil

    Sejalan dengan intensitas penggunaan kendaraan, permukaan kanvas rem akan mengalami penipisan, yang menimbulkan suara berdecit. 

    Salah satu tindakan perawatan yang dapat Anda lakukan adalah mengasah atau membubut kampas rem atau piringan cakram agar permukaannya tetap rata.

    Akan tetapi, perawatan ini hanya berlaku jika kondisi fisik kampas rem masih dalam keadaan baik. Jika telah menipis, sebaiknya ganti komponen tersebut untuk mencegah munculnya retakan atau kerusakan pada piringan cakram.

    Unsplash
    • Penyemprotan Cairan Pembersih Cakram

    Piringan cakram terbuat dari material metal yang bisa mengalami korosi atau berkarat. Untuk merawatnya, Anda bisa melakukan pencucian secara rutin. 

    Namun, jika sudah terlanjur berkarat, Anda dapat segera membersihkannya dengan bahan pembersih karat.

    Dengan menjaga kebersihan dan kualitas piringan cakram, Anda akan mendapatkan performa rem yang maksimal dan jauh dari risiko kecelakaan.

    • Mengecek Kondisi Kaliper Mobil

    Di dalam komponen-komponen mobil ada yang dinamai kaliper, fungsinya untuk fungsi untuk menekan kanvas ke bagian mesin penggerak agar laju mobil melambat.