Berita

    Featured Image

    Trik Mengemudi di Jalan yang Sulit (Off Road)

    Respons berkendara diperlukan jam terbang yang cukup untuk melatih refleks pengemudi saat menghadapi suatu situasi di perjalanan. Kesigapan pengemudi dalam merespons suatu situasi sangatlah penting karena berkaitan dengan masalah keselamatan. 

    Ketidakmampuan pengemudi dalam merespons suatu situasi dengan baik akan membahayakan penumpang dan pengendara lain. Respons yang sigap sangat diperlukan terutama saat melewati jalanan off road yang terjal dan sulit ditaklukkan.

    Cara Meningkatkan Respons Berkendara di Medan Off Road

    Berkendara di jalan off road diperlukan keahlian khusus karena tidak semua mampu melewatinya dengan aman. Jika ingin melatih kemampuan mengemudi di medan terjal sebaiknya Anda melakukan beberapa trik di bawah ini.

    • Persiapan Sebelum Berangkat

    Sebelum melakukan perjalanan melewati medan off road Anda perlu mempersiapkan mobil dan membawa peralatan yang tepat. Alat-alat yang perlu dibawa di antaranya tali derek, tangki cadangan BBM, ban cadangan, peralatan pengganti ban, pompa ban, air, dan lainnya.

    • Mengurangi Tekanan Udara Ban

    Tingkat tekanan udara ban harus dikurangi saat melewati medan off road supaya performa mobil meningkat. Tak hanya itu, trik ini juga bertujuan untuk mengurangi rasa guncangan dan membuat penumpang merasa lebih nyaman sepanjang perjalanan.

    Mengurangi tekanan udara ban membuat laju mobil terasa lebih mulus saat melewati permukaan jalan yang terjal. Ban yang tidak terlalu keras dapat mencengkeram jalan yang terjal dan mengurangi benturan. 

    • Berkendara dengan Kecepatan Rendah

    Mengemudi dengan kecepatan tinggi di medan off road tidak disarankan karena ditakutkan Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk merespons situasi yang tidak terduga. 

    Berkendara dengan kecepatan tinggi di jalan off road juga dapat meningkatkan risiko kerusakan pada komponen mobil saat melewati rintangan ekstrem. 

    Tapi lain halnya jika Anda berkendara dengan kecepatan rendah yang memungkinkan suspensi menangani guncangan dengan lebih baik. 

    Mengurangi kecepatan dapat memberi pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan lancar. Anda juga memiliki waktu yang cukup untuk memberikan respons berkendara yang tepat saat berada di situasi yang tak terduga.

    • Memilih Rute Terbaik

    Sebelum berangkat alangkah baiknya jika Anda mempelajari medan jalan dan rute-rute jalan alternatif menuju ke tempat tujuan. Cari rute yang paling aman meski jaraknya lebih jauh, jangan lupa perhatikan tikungan dan jalanan terjal pada rute tersebut agar lebih waspada.

    • Kuasai Cara Berkendara di Berbagai Medan Off Road

    Jalan off road tidak hanya terdiri dari permukaan berbatuan yang terjal tapi juga berlumpur dan berpasir. Berikut beberapa trik berkendara di berbagai jenis medan off road:

    • Berpasir: Khusus melewati jalan berpasir Anda harus menjaga keseimbangan kendaraan dan mengatur putaran mesin  (RPM) tetap tinggi. Jika berkendara dalam kondisi lambat ban mobil akan berisiko tenggelam di pasir. 

    • Berlumpur: Anda harus berkendara dengan kecepatan rendah saat melewati jalan licin penuh lumpur, kerikil, dan rumput basah. Cara ini bertujuan agar mobil tidak tergelincir dan mesin tetap stabil.

    • Berbatuan: Jika melewati jalan berbatu yang terjal sebaiknya Anda berkendara dalam rasio rendah. Trik ini memungkinkan roda memanjat berbatuan tanpa merusak komponen mobil. Daya cengkeram kaki-kaki mobil juga meningkat sehingga mobil dapat melewatinya dengan lancar. 

    Itulah beberapa respons berkendara yang tepat saat melewati jalan off road agar perjalanan aman dan nyaman.