Berita

    Wajib Ada! 5 Alat-alat Keselamatan Berkendara

    Anda membutuhkan alat tersebut untuk meminimalisir risiko atau mengatasi peristiwa tidak diinginkan seperti kecelakaan, yang dapat terjadi di tengah perjalanan. Maka dari itu, cek apa saja alat keselamatan yang wajib Anda miliki agar dapat berkendara lebih aman berikut ini!

    Alat-Alat Keselamatan Berkendara yang Wajib Ada

    Mengendarai mobil memiliki risiko tersendiri, seperti ban kempes hingga korsleting. Mengingat hal tersebut, Anda wajib menyimpan alat-alat berikut ini di dalam mobil untuk meminimalisir risiko dan meningkatkan perlindungan:

    • Kit Medis P3K

    P3K, atau Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan, wajib Anda miliki peralatannya di dalam mobil. 

    Alat-alat tersebut mulai dari kapas, kasa gulung, lalu kasa steril, plester, cairan antiseptik, tisu antiseptik, pinset, gunting kasa, kompres instan, kemudian sarung tangan, serta senter. 

    Ketika terdapat peristiwa tidak terduga yang membuat pengemudi atau penumpang luka-luka, kit medis P3K akan menjadi pertolongan pertama yang tepat. 

    Jangan lupa obat-obatan, seperti parasetamol, yang akan dibutuhkan ketika terdapat penumpang sedang tidak fit. Anda pun dapat menyesuaikan jenis obat dengan kondisi kesehatan penumpang.

    Misalnya, penumpang yang memiliki asma atau maag, yang memerlukan jenis obat tertentu. Ini berlaku khususnya ketika Anda melakukan perjalanan darat jarak jauh.

    • Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

    APAR merupakan alat keselamatan berikutnya yang wajib Anda simpan di kabin. Sebab, terdapat risiko muncul api yang disebabkan berbagai faktor seperti korsleting atau pun overheat.

    Adapun jumlah alat pemadam yang tersedia minimal satu set alat. Untuk mobil, Anda sebaiknya menyediakan APAR Powder berukuran 0.5 kg atau pun 1 kg. Ukuran tersebut cocok mengatasi kebakaran pada kelas A, B, hingga kelas C.

    Tiga kelas tersebut merupakan jenis kebakaran yang penyebabnya adalah benda padat, kecuali logam, lalu bahan bakar cair maupun gas, serta instalasi listrik yang bertegangan.

    Untuk memastikan performa APAR maksimal ketiga digunakan, Anda perlu mengecek kondisi unitnya secara berkala.

    • Segitiga Pengaman

    Segitiga pengaman termasuk dalam alat-alat keselamatan yang wajib ada di dalam mobil. Alat ini berguna ketika mobil mengalami situasi darurat, seperti ban pecah atau mogok, yang mengharuskan mobil berhenti secara paksa di tengah lalu lintas kendaraan.

     

    segitiga pengaman mobil

    Freepik.com

    Anda bisa memasang segitiga pengaman dengan meletakkannya di belakang mobil. Tujuannya yaitu memberi tanda pada pengguna jalan di sekitar bahwa terdapat mobil yang sedang berhenti darurat.

    Memasang segitiga pengaman pun ada aturannya, seperti meletakkan minimal 50 meter dari belakang mobil apabila berhenti di jalan tol yang laju kendaraannya relatif tinggi.

    • Dongkrak 

    Alat satu ini berfungsi untuk memudahkan Anda melakukan penggantian ban, dengan mengangkat posisi mobil menjadi lebih tinggi. Anda perlu memperhatikan tiap titik dongkrak pada masing-masing sisi mobil, jadi sasis atau bodi mobil pun tidak rusak. 

    Sebaiknya, jangan mendongkrak mobil melewati 15 cm agar tidak rentan tergelincir. Selain itu, pastikan bahwa rem tangan berada pada kondisi yang aktif sebelum memakai dongkrak.

    • Alat Pembuka Roda

    Terakhir, Anda perlu pembuka roda dalam bentuk kunci ring yang memiliki ukuran sesuai mur ban serta kunci rodanya. 

    Kunci ring ini memiliki dua sisi dengan ukuran beragam yang dapat mengencangkan mur. Terdapat pula kunci roda dengan bentuk X yang ukurannya berbeda untuk lepas-pasang mur ban mobil.