Berita

    Apa Itu Planetary Gear? Simak Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya Disini!

    Bagi Anda pemilik mobil, pernahkah Anda mendengar istilah sistem planetary gear atau kereta roda gigi episiklik?

    Roda gigi planet yang juga dikenal sebagai roda gigi siklik, sebenarnya ini adalah sistem gear yang dalamnya, tiga atau lebih gear penggerak (disebut planet) berputar di sekitar gear pusat. 

    Ini adalah sistem roda gigi yang terdiri dari 1 gear pusat (sun gear), beberapa gear penggerak (planetary pinion gear) yang berputar bersama dengan 1 ring gear (annulus gear).

    Akhirnya, planet-planet bergabung dengan gear cincin yang membentuk gear pacu dari dalam. Secara khusus, planetary gear dapat dengan mudah diubah ke rasio lain dengan mengubah carrier dan sun gear.

    Lalu apa fungsi dan cara kerja roda gigi episiklik atau planetary gear di mobil Anda? Simak penjelasan berikut ini: 

    Fungsi Planetary Gear

    Fungsi utama dari semua planetary gear adalah untuk mentransmisikan torsi, mengubah rotasi menjadi gerakan bolak-balik. 

    Dalam transmisi otomatis AT mobil, planetary gear adalah bagian penting yang bertanggung jawab untuk mengendalikan akselerasi dan deselerasi, menciptakan rasio gear, koneksi langsung, membalikkan dengan mengubah elemen input pada mobil. 

    Dengan cara inilah roda gigi episiklik bisa mengatur tenaga mobil. Jadi meskipun Anda punya mobil yang besar dan berat, system ini membuat mobil bisa bergerak tanpa membutuhkan energi yang besar. 

    • Prinsip Kerja Umum dari Planetary Gear

    Berdasarkan prinsip mengemudi, jika dua gear diarahkan ke luar, roda gigi episiklik akan berputar ke arah yang berlawanan, jika gear bergerak, mereka akan berputar ke arah yang sama.

    Selain itu, pada mobil yang dilengkapi dengan transmisi otomatis AT, planetary gear juga bertanggung jawab untuk menciptakan rasio gear, mengendalikan deselerasi, akselerasi, koneksi langsung, membalikkan dengan mengubah bagian, elemen input dan output.

    Ada beberapa gerakan yang bisa dilakukan oleh roda gigi episiklik dalam mobil Anda adalah sebagai berikut:

    • Percepatan Menggunakan Planetary Gear

    Gerakan ini dilakukan saat planetary gear diputar dan sun gear ditahan. 

    Ketika lengan pemandu berputar searah jarum jam, kotak planetary gear juga bergerak mengelilingi gear matahari searah jarum jam.

    Sejak itu gear ring berakselerasi berdasarkan jumlah gear dari dua keluaran dan posisi tetap. Panjang panah mewakili kecepatan rotasi dan lebar panah sesuai dengan torsi.