Berita

    Apa itu Stabilizer Link? Fungsi dan Peranannya Pada Mobil

    Hampir semua mobil menggunakan stabilizer link untuk mendukung kinerja laju kendaraan. Komponen ini memiliki fungsi yang sangat penting karena berguna untuk menahan beban mobil agar keseimbangannya tetap terjaga.

    Sehingga harus dibuat dari material yang kokoh dan kuat, umumnya menggunakan bahan logam. Komponen link stabilizer biasanya dipasang di bagian kaki mobil yang terhubung dengan bagian suspensi kiri dan kanan mobil.

    Meski memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keamanan saat melaju namun nyatanya masih banyak orang yang belum tahu tentang fungsi komponen ini.

    Pengertian dan Fungsi Stabilizer Link pada Mobil

    Secara umum link stabilizer adalah suatu komponen yang dirancang untuk menjaga keseimbangan mobil saat melaju. Kerusakan pada komponen ini bisa membahayakan keselamatan pengemudi sehingga harus dilakukan pengecekan secara berkala.

    Supaya Anda tahu betapa pentingnya link stabilizer  untuk mobil, sebaiknya simak beberapa fungsinya di bawah ini. 

    • Menstabilkan Posisi Mobil

    Fungsi link stabilizer yang paling utama yaitu berguna untuk menjaga keseimbangan mobil dalam segala kondisi. Baik itu saat melaju di jalan lurus ataupun di jalan berkelok-kelok. 

    Keseimbangan dan kestabilan posisi mobil sangatlah penting agar tidak mudah tergelincir ketika melewati jalanan yang berkelok. 

    • Mengurangi Kemiringan

    Selain sebagai penstabil posisi mobil, link stabilizer juga berfungsi dalam mengurangi kemiringan. Ketika melaju di jalanan berkelok otomatis pengendara akan berbelok mengikuti alur jalan. 

    Sehingga membuat posisi orang yang ada di dalam mobil merasa limbung. Untuk meminimalisir hal tersebut, mobil harus menggunakan stabilizer link untuk mengatur tekanan pada suspensi. 

    Dengan demikian pengendara dan penumpang akan merasa lebih nyaman karena posisi mobil tidak terlalu miring saat berbelok. 

    • Memperkuat Daya Cengkram Ban Mobil

    Fungsi selanjutnya juga tidak kalah penting terutama saat mobil bergerak cepat. Karena komponen ini mampu meningkatkan daya cengkeram ban ketika bermanuver. 

    Tumpuan daya cengkeram mobil saat melaju adalah ban, meski sudah dibuat dengan motif khusus nyatanya masih kurang kuat dalam mencegah ban selip.

    Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat mengaktifkan link stabilizer untuk meningkatkan daya cengkeram ban. Ketika sudah diaktifkan maka ban mobil tidak akan mudah tergelincir. 

    • Meminimalisir Guncangan