Berita

    Intip Perbedaan Sistem Penggerak FWD dan RWD Pada Mobil

    Setiap mobil punya spesifikasi berbeda-beda, termasuk sistem penggerak yang disematkan padanya. Pengetahuan yang cukup pada spesifikasi dan jenis penggerak yang digunakan akan membantu pengguna mengetahui kemampuan mobil tersebut. Istilah mobil dengan penggerak roda depan atau FWD dan penggerak roda belakang atau RWD, mungkin sudah akrab di kalangan pengguna mobil. Namun selain itu, ada juga istilah AWD atau mobil berpenggerak semua roda, 2WD yakni mobil berpenggerak dua roda dan seterusnya.

     

    Masing-masing mobil dengan model penggeraknya memiliki keunggulan dan mekanisme kerjanya masing-masing, yang tentunya akan memberikan pengalaman berbeda bagi penggunanya. Namun artikel ini hanya akan membahas, sistem penggerak roda depan (FWD) dan penggerak roda belakang (RWD)

     

    Mengenal Mobil FWD dan RWD

    1. Mobil Berpenggerak FWD

    Mobil dengan penggerak front wheel drive (FWD) atau mobil berpenggerak roda depan, banyak ditemukan di pasar otomotif. Dari sebuatannya, tentu kekuatan mobil dengan penggerak roda depan berporos pada kedua ban depannya. Mobil jenis ini biasanya menggunakan dua roda depannya untuk bergerak. Artinya hanya dua roda ini, yang memiliki daya dorong ketika gas dihentak. Ketika ada di jalan, hanya dua rodanya yang aktif bergerak. Mobil berpenggerak roda depan dianggap sangat tangguh untuk melintasi medan jalan yang licin. Contoh mobil yang menggunakan FWD seperti Suzuki Ertiga, Suzuki Baleno, dan Suzuki Ignis.

     2. Mobil Berpenggerak Roda Belakang

    Bila mobil dengan penggerak roda depan mengandalkan dua ban depannya, maka sebaliknya mobil Rear Wheel Drive (RWD) memiliki poros gerak pada ban belakang. Artinya tenaga yang disalurkan mesin, oleh sistem penggerak akan mengalir ke kedua roda belakang untuk membuat mobil bergerak.

    Mobil dengan penggerak roda belakang biasa dianggap memiliki kekuatan mumpuni untuk melintasi medan-medan berat yang ekstrim. Sistem penggerak RWD ini juga memiliki kekuatan untuk angkutan berat. Itu sebabnya banyak kendaraan komersial seperti truk dan bus menggunakan penggerak RWD.

    Kelebihan dan Kelemahan Mobil FWD

    Mobil berpenggerak roda depan (FWD) memiliki keunggulan dalam hal efisiensi. Mobil dengan penggerak roda depan diklaim efisien karena jarak mesin dan girboksnya yang semuanya adalah di depan dan lebih dekat dengan roda depan.

    Ini berpengaruh karena tenaga yang disalurkan mesin memiliki waktu yang lebih efisien sampai ke penggerak rodanya, sehingga tenaganya sampai dengan optimal untuk menggerakan mobil.