Berita

    Featured Image

    Baut Roda Suka Lepas? Ini Cara Mengatasinya

    Banyak pengemudi yang tidak menyadari ternyata ada salah satu baut roda lepas saat kendaraan tengah melaju di jalanan. Akan sangat berbahaya jika meneruskan perjalanan karena berpotensi menimbulkan masalah yang lebih besar lagi pada roda mobil milik Anda.

    Pasalnya jika ada satu saja baut yang longgar lalu terlepas, bisa jadi baut yang lain pun kondisinya sama. Lantas, apa solusinya agar baut roda tidak mudah lepas? Apakah bisa diatasi sendiri atau mobil harus dibawa ke bengkel? Begini penjelasannya.      

    Lakukan Hal Ini Jika Baut Roda Lepas 

    Ada berbagai masalah jika baut roda mobil sampai terlepas, mulai dari roda yang bisa lepas dari hub-nya hingga berpotensi terjadinya kecelakaan. Tidak langsung panik merupakan hal paling utama yang harus dilakukan ketika mobil terasa bergetar akibat baut roda yang lepas. 

    Sebab, Anda masih bisa berkendara dengan aman asalkan sisa baut yang ada dalam kondisi prima dan terpasang dengan sempurna. Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan agar baut yang lain tidak ikut terlepas.  

    • Cek Semua Baut Roda

    Saat getaran mobil terasa tidak normal, langkah pertama yang harus dilakukan adalah segera berhenti di tempat yang aman. 

    Kemudian, cek dan teliti apa yang menyebabkan mobil terasa bergetar mulai, apakah baut roda lepas yang menjadi penyebabnya atau ada hal lainnya.

    Jika mendapati ada salah satu baut roda yang terlepas dan hilang, maka cek semua baut roda yang tersisa untuk memastikan berapa jumlah baut yang lepas atau hilang tersebut. 

    • Kencangkan Baut Roda yang Tersisa

    Langkah kedua adalah mengencangkan semua baut roda yang tersisa, terutama jika Anda tidak memiliki cadangan untuk mengganti baut yang lepas. Sebab, kemungkinan besar baut lainnya juga mulai longgar akibat terkena getaran mobil. 

    Untuk itu, kencangkan semua baut yang masih terpasang agar tidak ikut hilang sebelum melanjutkan perjalanan. Hanya saja, tetap berhati-hati dan hindari melajukan kendaraan dengan kecepatan tinggi. 

    • Gunakan Kunci Pas yang Sesuai dan Ganti Baut yang Lepas

    Jika Anda mendapati baut roda lepas saat masih berada di rumah dan kondisinya masih bagus, pasang kembali baut tersebut. Agar baut roda terpasang dengan baik dan tidak terlepas kembali, gunakanlah ukuran kunci pas yang sesuai. 

    Namun apabila tidak ditemukan, maka solusi yang paling baik adalah menggantinya dengan baut roda yang baru. Bila perlu, ganti semua baut yang terlihat berkarat atau dol dan pasang dengan kencang agar kejadian serupa tidak terulang kembali. 

    • Selalu Sedia Cadangan Baut

    Solusi yang terbaik ketika terjadi kendala adalah dengan memiliki spare part cadangan. Biasanya, ini berlaku pada komponen kecil seperti baut dan lampu dalam kota. 

    Jika tidak, segera datangi toko spare part atau bengkel mobil terdekat dan belilah baut dengan ukuran yang sesuai dengan roda mobil Anda. 

    • Minta Bantuan Ahli

    Apa jadinya jika baut yang terlepas dan hilang jumlahnya lebih dari satu? Untuk situasi khusus ini, sebaiknya segera mintalah bantuan kepada ahlinya. 

    Ini juga berlaku jika Anda tidak paham cara mengencangkan baut, tidak membawa peralatan yang tepat, atau baut tidak bisa dikencangkan. Anda bisa menghubungi bengkel langganan atau bengkel yang menyediakan layanan servis mobil panggilan. 

    Jika masih memungkinkan, bawalah mobil Anda menuju bengkel terdekat. Namun ingat, jangan melaju dengan kecepatan tinggi terutama saat berbelok. 

    Selain itu, hindari melakukan akselerasi darurat dan upayakan untuk tidak melintas di jalanan yang berlubang atau tidak rata. 

    Kesimpulannya, tetaplah bersikap tenang ketika melihat ada baut roda lepas dan hilang. Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang telah dijabarkan untuk mengatasi permasalahan tersebut.