Berita

    Ketahui Penyebab Mobil Bau Bensin dan Cara Efektif untuk Menghilangkannya

    Saat mengisi bahan bakar di pom bensin, Anda mungkin terganggu dengan aromanya yang cukup menyengat. Jika tidak kuat, aroma tersebut bisa membuat mual atau bahkan muntah. Namun apa jadinya jika mobil bau bensin. 

    Selain terganggu dengan aromanya, bisa saja itu merupakan indikasi adanya masalah pada kendaraan. Untuk mengatasi hal ini, yang pertama kali harus dilakukan adalah pencari penyebabnya sehingga bisa mencari solusi terbaik untuk permasalahan yang terjadi. 

    Penyebab Munculnya Bau Bensin pada Mobil

    Ada berbagai hal yang bisa membuat bau bensin bisa masuk hingga ke kabin mobil. Mulai dari tutup tangki yang tidak tertutup rapat hingga adanya masalah pada karburator. Untuk informasi selengkapnya mengenai penyebab bau bensin pada mobil, simak ulasan berikut ini. 

    1. Bensin Tumpah dalam Kabin Mobil

    Penyebab pertama adalah adanya bekas tumpahan bensin dalam kabin mobil, seperti di jok atau di interior mobil yang terbuat dari kain atau bludru. Kondisi ini bisa terjadi saat mekanik kurang memperhatikan kebersihan saat melakukan tugasnya. 

            2. Tangki Bensin Bermasalah

    Penyebab mobil bau bensin juga bisa dikarenakan adanya masalah pada tangki bensin. Seperti, lupa menutup tangki bensin atau kurang rapat saat menutupnya. Selain itu, tangki yang bocor juga bisa membuat bau bensin masuk hingga ke dalam kabin mobil. 

            3. Tutup Oli Rusak

    Selain tangki, tutup oli (O-ring) yang retak atau rusak juga bisa membuat aroma bensin masuk hingga ke kabin mobil. 

            4. Busi Longgar atau Rusak

    Faktor pemicu masuknya aroma bensin ke dalam mobil juga bisa disebabkan karena busi yang telah longgar atau bahkan rusak sehingga perlu diganti dengan yang baru.  

            5. Karburator Bermasalah

    Komponen mobil lainnya yang bisa membuat bau bensin masuk dalam kabin adalah karburator yang bermasalah. Seperti, baut karburator yang longgar, adanya kebocoran, dan lain-lain. 

            6. Selang Bensin Rusak

    Selang bensin yang bocor atau rusak juga bisa menjadi penyebab mobil bau bensin. Sebab, ada kemungkinan menetesnya bensin di bagian selang yang bocor aromanya bisa masuk hingga ke dalam kabin mobil. 

            7. Fuel Pump Bocor

    Faktor penyebab yang satu ini memang jarang ditemui, namun bisa saja terjadi pada mobil Anda. Yaitu adanya kebocoran pada fuel pump sehingga bau bensin masuk ke dalam mobil.