Berita

    Noda Kotoran Burung Susah Dihilangkan? Ini Cara Mengatasinya

    Noda kotoran burung menjadi masalah yang sering dialami pemilik mobil karena jika sudah kering cukup susah dihilangkan. Tapi jangan khawatir noda tersebut bisa diatasi tanpa perlu merusak permukaan kaca dan bodi mobil.

    Membersihkan kotoran burung yang mengering tidak boleh dilakukan sembarang apalagi jika terletak di bodi mobil. Penasaran bagaimana cara mengatasi kotoran burung yang susah hilang? Intip penjelasan berikut!

    6 Cara Menghilangkan Noda Kotoran Burung pada Mobil

    Kotoran burung mengandung unsur asam yang mampu merusak warna cat bodi mobil, sehingga memerlukan penanganan khusus untuk mengatasinya. Sebelum mengering sebaiknya segera dibersihkan agar tidak menyisakan noda yang susah hilang.

    Tapi jika terlanjur mengering dan susah dibersihkan, maka harus diatasi dengan cara-cara khusus. Berikut ini cara menghilangkan bekas kotoran burung yang mengering di kaca atau bodi mobil:

    • Bersihkan dengan Cairan yang Mengandung Alkohol

    Cara yang pertama cukup mudah, siapkan cairan yang mengandung alkohol misalnya hand sanitizer atau cairan alkohol asli. Sebelum disemprotkan sebaiknya cuci dulu permukaan mobil yang terkena kotoran burung.

    Setelah dicuci bersih, semprotkan cairan alkohol dan diamkan selama beberapa menit. Lalu ambil kain lap yang halus kemudian gosok secara perlahan pada bagian tersebut hingga nodanya menghilang. 

    • Memakai Cairan Pembersih Khusus

    Jika cara sebelumnya tidak berhasil menghilangkan noda bekas kotoran burung, coba gunakan cara satu ini. Cairan pembersih khusus untuk menghilangkan noda pada permukaan mobil bisa dibeli dengan mudah di pasaran.

    Sebelum menggunakan cairan khusus tersebut, pastikan permukaan mobil sudah dicuci bersih dengan sampo mobil dan air. Setelah permukaan mobil bersih, tuangkan cairan tersebut ke lap yang halus. 

    lap mobil

    Kemudian letakkan di atas permukaan mobil yang terkena noda bekas kotoran burung selama 1 menit sambil ditekan-tekan. Setelah itu bilas dan gosok permukaannya secara perlahan agar seluruh nodanya terangkat hingga bersih. 

    • Diguyur dengan Air Panas

    Cara ini bisa dilakukan pada noda kotoran burung masih baru tapi sudah mengeras. Guyur permukaan mobil yang terkena kotoran burung dengan air panas secukupnya.

    Air panas bisa membantu mengangkat noda karena mampu mencegah pengerasan pada kotoran burung. Setelah kotoran burung dan nodanya terangkat, bersihkan kembali permukaannya dengan sampo mobil dan air untuk membersihkan kotoran yang tertinggal. 

    • Memakai Kompon 

    Jika kotoran burung sudah mengeras dan susah di hilangkan dengan cara-cara tadi, maka gunakan cara ini untuk mengatasinya. Kompon termasuk salah satu bahan yang dapat membantu mengembalikan kilau cat dan menghilangkan kotoran burung. 

    Agar hasilnya maksimal gunakan sesuai petunjuk yang tertera di dalam kemasannya. Jangan lupa pilih jenis kompon yang tidak merusak permukaan cat mobil. 

    • Menggunakan Tisu Khusus

    Sekarang ada beberapa produk tisu yang dibuat secara khusus untuk menghilangkan noda bekas kotoran burung. 

    Tisu tersebut mengandung beberapa campuran bahan kimia khusus yang mampu menetralkan kotoran burung dan mencegah kerusakan pada cat mobil. 

    • Dibersihkan dengan Air Soda

    Perlu diketahui, cara ini bisa dipakai saat kotoran burung belum terlalu lama atau belum mengeras. 

    Pertama semprotkan sedikit air soda ke bagian mobil yang terkena kotoran burung, lalu diamkan selama beberapa saat. Kemudian gosok dengan kain halus dan bilas dengan air bersih hingga bersih. 

    Dari beberapa cara tadi, cara mana yang akan Anda pilih? Untuk hasil yang maksimal pastikan melakukannya sesuai langkah-langkah yang disarankan. 

    Jika permukaan mobil mengalami kerusakan akibat cairan pembersih segera lakukan pengecatan ulang di bengkel resmi Suzuki.

    Pengecatan ulang juga bisa menutupi noda kotoran burung yang susah dibersihkan dengan berbagai cara. Dapatkan tampilan bodi mobil mulus tanpa noda dan baret dengan melakukan pengecatan di bengkel Suzuki terdekat!