Berita

    Kenali Arti Blind Spot dan Cara Mengatasinya

    Blind spot atau area titik buta seringkali terjadi pada lalu lintas yang padat sehingga Anda kesulitan untuk memperhatikan objek yang ada di sekitar kendaraan Anda. Padahal, hal ini perlu dilakukan agar Anda dapat memperkirakan jarak dengan kendaraan lain.  Angka kecelakaan akibat area pandang kendaraan yang tidak terlihat cukup tinggi terjadi di Indonesia yaitu mencapai 60 persen. Artinya, cukup krusial jika Anda kurang memahami mengenai area titik buta.

    Ketahui Lebih Jauh Lagi, Apa itu Blind Spot?

    Hampir semua kendaraan memiliki area pandang yang dapat dilihat secara jelas dan juga tidak. Mungkin Anda mengira hanya mobil yang memiliki area ini, motor dan kendaraan lainnya juga memiliki area yang tidak dapat dijangkau oleh pandangan mata.

    Tentunya hal ini sangat erat hubungannya dengan keselamatan Anda sendiri maupun pengguna jalan yang lain. Objek atau kendaraan yang tidak terlihat oleh Anda akan memicu terjadinya kecelakaan.

    Aturan yang dimiliki oleh area titik buta adalah semakin dekat jarak antar kendaraan, maka semakin besar pula area titik butanya. Maka dari itu, beberapa kendaraan modern memiliki teknologi yang dapat mengatasi hal ini.

    Faktor Kendaraan Terhalangi Area Titik Buta

    Tentunya, area titik buta terjadi disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah sebagai berikut:

    • Jangkauan Kaca Spion

    Kaca spion setiap mobil memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda-beda. Hal ini menyebabkan seorang pengendara akan kesulitan melihat titik tertentu yang berbeda pula.

    Pastikan spion yang Anda gunakan sudah sesuai dengan standar resmi kendaraan. Hindari untuk menggantinya dengan kaca spion yang telah dimodifikasi atau memiliki ukuran yang tidak wajar.

    • Muatan Kendaraan yang Menghalangi

    Tak jarang Anda melihat kendaraan membawa muatan baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Untuk membawa muatan di belakang pengendara motor, pastikan tidak melebihi lebar motor dan tinggi pengendara.

    Sedangkan, untuk muatan belakang mobil, tidak melebihi batas kaca belakang agar pengendara tetap bisa menggunakan spion tengah yang menjangkau area belakang mobil.

    • Perbedaan Ukuran Kendaraan

    Besar kecilnya kendaraan memiliki area pandang yang berbeda-beda. Begitu pula dengan area titik butanya. Kendaraan kecil baik motor maupun mobil ukuran kecil, memiliki area titik buta yang sedikit.