Berita

    Kenali Tips Merawat Ban Serep Mobil

    Ban serep mobil merupakan komponen cadangan yang harus Anda rawat secara rutin. Dengan demikian, ia akan tetap berfungsi prima ketika sewaktu-waktu dibutuhkan. Nah, untuk mengetahui tips perawatannya, sebaiknya ikuti informasi dalam artikel ini!

    Tips Perawatan Ban Serep Mobil

    Merawat ban serep bisa Anda lakukan setiap 1 sampai 3 bulan sekali. Namun jika musim kemarau, Anda dapat melakukan lebih dari itu. Berikut ini merupakan tips perawatan ban serep yang mudah untuk Anda lakukan:

    • Rutin Membersihkan Ban Menggunakan Lap Kering

    Sebaiknya jangan gunakan lap atau kain basah maupun cairan lainnya saat membersihkan ban. Sebab, hal tersebut akan membuat ban berkarat. Sebaiknya lakukan pembersihan menggunakan lap kering saja secara berkala.

    • Mengecek Tekanan Angin

    Anda harus mengecek tekanan angin ban serep mobil secara rutin. Supaya pengecekan tekanan angin akurat, gunakan saja alat pengukur tekanan angin ban. Apabila tekanannya kurang, Anda lebih baik lekas mengisinya.

    • Menjaga Kondisi Ban 

    Setiap menggunakan ban serep, pastikan mobil tidak melewati jalanan yang berisiko merusak atau membuat ban bocor. Maka dari itu, jagalah kondisi ban serep agar tidak menipis atau mendapatkan banyak tambalan sehingga memerlukan pergantian baru.

    • Tidak Terlalu Lama Menggunakan Ban Serep

    Pada tips merawat ban serep mobil ini, Anda tidak dianjurkan menggunakan ban serep dalam durasi panjang. Sebaiknya Anda lekas mengganti ban baru apabila telah menemukan sebuah bengkel.

    • Menggunakan Ban Serep untuk Membungkus Ban Serep 

    Biasanya, pemilik mobil menyimpan ban serep dengan meletakkannya pada bagian bawah atau belakang mobil. Nah, demi pencegahan kerusakan berlebih, Anda sebaiknya menggunakan cover untuk membungkus ban serep.

    Pembungkusan ban serep pada mobil berguna agar sinar matahari tidak gampang merusaknya. Selain itu, cover tersebut bisa mencegah debu dan kotoran masuk mengotori ban serep.

    • Menyediakan Peralatan Bongkar Pasang

    Membongkar dan memasang ban serep pada mobil sudah pasti membutuhkan peralatan. Khususnya dalam pergantian ban. Apabila Anda tidak menyediakan peralatan, maka percuma saja merawat ban serep mobil.

    • Menggunakan Ban Donat

    Apabila Anda menginginkan tempat penyimpanan ban efisien sekaligus mampu mengurangi beban kendaraan, gunakan saja alternatif substitusi ban serep, yakni ban donat. Ukuran ban ini cukup kecil, namun mampu berfungsi sebagai ban cadangan.

    • Membiasakan Rotasi Ban