Berita

    Ketahui Fungsi Karburator pada Mobil dan Daftar Komponennya

    Karburator mobil menjadi salah satu komponen yang sering ada di dalam kendaraan. Fungsi dari karburator kendaraan ini berguna untuk mengkombinasikan bahan bakar dengan udara. Kemudian akan dihubungkan ke bagian yang ada di dalam ruang pembakaran. 

    Jika karburator ini memiliki masalah, ini pun akan berdampak negatif pada kendaraan yang digunakan. Sebelum menggunakan karburator, Anda bisa memahami fungsi hingga komponennya di bawah ini.

    Apa Fungsi Karburator Mobil?

    Kehadiran karburator kendaraan mobil menjadi salah satu komponen wajib yang ada di mobil. Ada banyak fungsi yang bisa Anda ketahui tentang karburator. Anda bisa melihat fungsi secara lengkap pada poin-poin di bawah ini!

    • Mudah Menghidupkan Mesin Mobil

    Fungsi utama dari karburator ini memudahkan pengguna kendaraan untuk menghidupkan mesin mobil. Hal ini dikarenakan adanya proses pembakaran yang sudah dilakukan secara maksimal. 

    Dengan demikian, pengguna pun akan terhindar dari berbagai masalah yang terjadi pada mobil. Karena semua hal itu sudah teratasi dengan kehadiran karburator yang ada di dalam mobil. 

    • Bisa Mencampur Udara dan Bensin

    Dengan menggunakan karburator, Anda bisa dengan mudah mencampur udara dan bensin. Hal ini dilakukan untuk dimasukkan ke dalam ruang bakar. 

    Pastikan Anda juga mengatur campuran antara udara dan bensin agar sesuai dengan kapasitas di dalam karburator. 

    • Meningkatkan Jumlah Udara dan Bensin

    Karburator juga dipercaya bisa meningkatkan jumlah udara dan bensin yang masuk di dalam kendaraan. Baik itu kondisi mobil dalam keadaan berjalan atau sedang diam di tempat. Sehingga Anda tidak perlu harus mematikan bensin terlebih dahulu. 

    • Mampu Mengatur Jumlah Udara dan Bensin

    Fungsi karburator juga mampu mengatur jumlah udara dan bensin yang masuk ke kendaraan. Hal ini bisa dilihat dari tingkat kecepatan hingga perubahan beban yang ada di dalam kendaraan tersebut. 

    • Bisa Mengatur Kecepatan Mesin Kendaraan

    Fungsi karburator mobil yang terakhir berguna untuk mengatur kecepatan mesin mobil. Baik itu dalam tingkat kecepatan yang rendah hingga tinggi. 

    Apa Saja Daftar Komponennya?

    Selain memiliki fungsi yang beragam, ada banyak sekali komponen dari karburator yang bisa Anda ketahui. Bahkan setiap komponennya memiliki fungsi yang beragam antara komponen satu dengan lainnya. Adapun komponennya di bawah ini: 

    • Float Chamber