Berita

    Simak Fungsi Gardan Mobil dan Komponennya

    Sebagai salah satu komponen vital bagi mobil, fungsi gardan sangat penting untuk meneruskan tenaga dari mesin ke poros roda penggerak. Sehingga, roda bisa bergerak dengan kecepatan stabil saat sedang berbelok tanpa gesekan berlebih ataupun kehilangan traksi.

    Selain itu, masih banyak lagi fungsi lainnya dari komponen gardan pada mobil. Untuk menjalankan berbagai fungsi tersebut, gardan didukung oleh komponen-komponen yang juga memiliki fungsi masing-masing secara lebih spesifik.

    Mengenal Peran dan Fungsi Gardan pada Mobil

    Dalam bahasa inggris, gardan dikenal sebagai differential atau pembeda. Maksudnya yaitu sebagai pembeda antara gerak putar poros ban kiri dengan ban kanan ketika kendaraan sedang berbelok. Adapun detail fungsi lainnya secara lengkap adalah sebagai berikut.

    • Pembeda Gerak Putar Poros Roda Kiri dan Kanan

    Sebagaimana dijelaskan di atas, fungsi gardan mobil yang paling utama adalah sebagai pembeda gerak putaran antara masing-masing poros roda. Sebab saat berbelok, roda di satu sisi akan bergerak lebih cepat dibanding sisi lainya.

    Dengan adanya gardan, maka gesekan berlebihan antara roda dan permukaan jalan dapat dihindari. Selain itu, gardan juga membantu menjaga stabilitas kendaraan saat melalui belokan.

    • Penerus Tenaga Putar dari Mesin ke Poros Penggerak

    Ketika mesin dihidupkan, gardan akan mengubah gerakan rotasi mesin menjadi gerakan rotasi pada poros penggerak yang akan diteruskan ke roda. Tanpa gardan, tenaga putar dari mesin tidak dapat diteruskan dan kendaraan tidak dapat bergerak.

    • Mengubah Arah Putar 90 Derajat

    Gardan mobil juga berfungsi mengubah arah putar yang awalnya lurus dari mesin transmisi menuju kopling menjadi 90 derajat agar dapat memutar bagian poros roda penggerak.

    • Meningkatkan Tenaga Putar

    Fungsi gardan yang terakhir adalah untuk meningkatkan tenaga putar dari mesin ke roda. Sebab gardan dapat memanfaatkan torsi mesin secara efektif dan mengubahnya menjadi tenaga putar yang lebih besar untuk melalui medan sulit seperti tanjakan.

    Berikut Komponen Gardan Mobil dan Fungsinya

    Pada dasarnya, komponen-komponen utama gardan mobil dapat dibedakan berdasarkan 2 kategori. Yang pertama adalah differential gear yang meliputi pinion gear, side gear, dan differential carrier.

    Kategori selanjutnya yaitu final gear yang terdiri atas ring gear serta drive pinion. Adapun berbagai komponen utama lain beserta detail fungsinya adalah sebagai berikut:

    • Drive Pinion Gear