Berita

    Simak Jenis Karburator Pada Mobil

    Karburator merupakan salah satu komponen pada mesin mobil. Karburator berfungsi untuk mengatur jumlah udara dan bahan bakar lalu mengubahnya menjadi gas. 

    Gas tersebut kemudian disalurkan ke ruang pembakaran. Akan tercipta percikan api yang membuat mobil bisa menyala dan berjalan. 

    Terdapat beberapa jenis karburator mobil yang berbeda, berdasarkan arah masuk bahan bakar dan udara, jumlah barrel, serta tipe venturi. Namun, sebelum menjelaskan jenis-jenis karburator pada mobil, simak dulu apa sebenarnya fungsi karburator.

    Fungsi Karburator

    Selain bertugas memasok udara dan bahan bakar ke dalam ruang pembakaran, karburator juga mempunyai fungsi-fungsi lain. Di antaranya yaitu:

    • Karburator berfungsi menjadi komponen yang mengatur jumlah campuran sesuai kebutuhan mobil. Karburator bisa menambah atau mengurangi takaran
    • Karburator juga menjadi tempat penampungan bahan bakar sebelum bercampur dengan udara untuk dibakar jadi gas
    • Membantu proses pembakaran udara dan bahan bakar. Membuat proses berlangsung lancar dan tidak timbul masalah lain
    • Choke pada karburator bertugas menjaga keadaan mesin sewaktu musim dingin. Sehingga mesin dapat dinyalakan dengan mudah.

    Jenis-Jenis Karburator Pada Mobil

    Ternyata, jenis-jenis karburator pada mobil dapat berbeda-beda. Perbedaannya didasari oleh faktor arah aliran udara, jumlah barrel serta venturi yang dipakai.  Berikut penjelasannya:

    • Berdasarkan arah masuknya udara dan bahan bakar

    Jika dilihat dari arah masuknya udara dan bahan bakar, jenis karburator mobil terbagi menjadi:

    • Karburator Arus Datar (Side draft)

    Pada jenis karburator ini udara dan bahan bakar masuk ke ruang pembakaran secara mendatar atau horizontal. Keunggulan dari jenis side draft ialah mengurangi hambatan pengaliran karena tidak ada mekanisme lain pada intake area.

    Jenis karburator pada mobil tipe arus datar banyak ditemukan pada mobil yang mesinnya memiliki output tinggi. 

    • Karburator Arus turun (down draft)

    Berbeda dengan side draft, karburator arus turun diposisikan secara vertikal. Sehingga udara dan bahan bakar masuk ke arah bawah. Karburator mencampurkan terlebih dahulu udara pada bagian atas.

    Kemudian bahan bakar di bagian bawah. Jenis karburator down draft bisa menyediakan bahan bakar dengan jumlah yang besar. Membuat mobil mendapatkan kecepatan yang lebih tinggi. 

    • Berdasarkan Jumlah Barel