Berita

    Kenali Komponen Gardan pada Mobil.

    Setiap komponen mobil memiliki peran dan fungsi khusus, termasuk gardan mobil yang berfungsi untuk membedakan putaran roda ketika mobil berbelok pada satu poros. Dengan gardan, slip antara roda dengan permukaan jalan bisa dicegah.

    Sebagai salah satu komponen powertrain pada mobil, gardan atau biasa juga disebut sebagai differential bekerja dengan cara meneruskan tenaga putar mesin ke poros penggerak. Sehingga, akan terjadi perpindahan putaran roda yang membuat mobil dapat melaju.

    Komponen-komponen pada Gardan Mobil Beserta Fungsinya

    Tanpa adanya gardan, mobil tidak akan dapat berjalan. Untuk membantu menjalankan mobil, gardan didukung oleh berbagai komponen pelengkap lainnya yang masing-masing juga memiliki fungsi khusus. Berikut rinciannya:

    • Axle Shaft Housing

    Komponen gardan yang pertama adalah axle shaft housing, yaitu bodi pelindung untuk seluruh komponen gadan, sekaligus tempat menampung oli gardan. Selain itu, komponen gardan mobil ini berfungsi sebagai tumpuan/dudukan komponen lainnya.

    • Axle Shaft

    Selanjutnya, ada axle shaft atau biasa juga disebut sebagai as roda. Fungsinya adalah untuk meneruskan putaran dari side gear untuk memutar roda, sehingga posisinya terhubung dengan roda dan side gear pada masing-masing sisi kanan dan kiri.

    • Side Gear

    Komponen ini terhubung langsung dengan as roda, dan berfungsi untuk meneruskan putaran dari pinion gear menuju bagian roda. Komponen ini terletak pada bagian differential case carrier, tepatnya pada sisi kanan-kiri pinion gear.

    • Ring Gear

    Berikutnya ada ring gear, komponen dari gardan mobil yang berbentuk menyerupai ring (cincin), terhubung langsung dengan as kopel (propeller shaft). Fungsinya adalah untuk memperbesar, meneruskan, dan mengubah sudut putaran pinion gear.

    • Differential Pinion Gear

    Pinion gear adalah komponen yang terpasang pada bagian poros atau as, tepat pada differential case carrier dan berdampingan dengan side gear. Fungsinya adalah untuk membuat perbedaan putaran pada side gear kanan-kiri ketika mobil berbelok.

    • Drive Pinion Gear

    Karena bentuknya menyerupai buah nanas, komponen drive pinion gear biasa juga disebut sebagai gigi nanas. Adapun fungsinya adalah untuk meneruskan putaran dari propeller shaft untuk memutar komponen ring gear.

    • Bevel Pinion Housing