Berita

    Featured Image

    Penyebab Lapisan Dashboard Mobil Mengelupas

    Lapisan dashboard mobil adalah salah satu bagian interior yang sering kali mengalami kerusakan, seperti mengelupas atau retak. Masalah lapisan dashboard mobil mengelupas tidak hanya memengaruhi penampilan kendaraan, tetapi juga menurunkan nilai jual mobil. 

    Ada beberapa penyebab umum mengapa lapisan dashboard mobil bisa mengelupas. Sebaiknya pahami penyebab dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk mencegah dan mengatasinya.

    Ini yang Membuat Lapisan Dashboard Mobil Mengelupas

    Dashboard mobil memiliki lapisan yang melindunginya agar terlihat rapi dan menarik. Apabila terkelupas, maka tampilannya juga akan terlihat tidak nyaman dan bisa menurunkan nilai jual kendaraan. 

    Ada beberapa faktor penyebab lapisan ini mengelupas, antara lain:

    • Paparan Sinar Matahari

    Paparan sinar matahari adalah salah satu penyebab utama lapisan dashboard mengelupas. Sinar ultraviolet (UV) dari matahari dapat merusak bahan plastik dan karet yang biasanya digunakan pada dashboard. 

    Seiring waktu, paparan sinar UV akan menyebabkan material mengering, memudar, dan akhirnya retak atau mengelupas. Mobil yang sering diparkir di bawah sinar matahari langsung tanpa pelindung akan lebih rentan mengalami masalah ini.

    Jika memungkinkan, selalu parkir mobil di tempat teduh atau gunakan penutup mobil untuk melindungi interior dari paparan sinar matahari langsung. Selain baik untuk interior kendaraan, parkir di tempat teduh juga sangat baik untuk cat mobil Anda.

    • Penggunaan Bahan Pembersih yang Keras

    Penggunaan bahan pembersih yang tidak sesuai atau terlalu keras bisa menjadi penyebab lain lapisan dashboard mobil mengelupas. Beberapa produk pembersih mengandung bahan kimia yang agresif, seperti alkohol atau aseton, yang dapat merusak permukaan dashboard. 

    Penggunaan produk yang tidak tepat ini dapat mengikis lapisan pelindung dan menyebabkan bahan utama menjadi rapuh serta mudah mengelupas. Untuk itu sebaiknya hanya bersihkan dashboard dengan bahan yang aman dan tidak memiliki sifat korosif. 

    Anda dapat mencari dan membeli pembersih khusus dashboard mobil. Produk ini dirancang agar aman untuk permukaan plastik dan karet serta tidak merusak lapisan pelindung.

    • Kurangnya Perawatan

    Kurangnya perawatan dan perlindungan juga berkontribusi pada pengelupasan lapisan dashboard. Pengemudi yang tidak rutin membersihkan dan melindungi dashboard dari paparan sinar UV atau suhu ekstrem meningkatkan risiko kerusakan. 

    Perawatan yang tepat, seperti membersihkan dengan kain lembut dan menggunakan pelindung sinar UV, dapat membantu mempertahankan kondisi dashboard. Selain itu saat dashboard dalam keadaan kotor atau terkena sesuatu, sebaiknya segera dibersihkan.

    • Kualitas Material Dashboard yang Kurang Baik

    Kualitas material dashboard juga memengaruhi daya tahannya. Mobil dengan material dashboard yang berkualitas rendah cenderung lebih mudah mengalami kerusakan akibat paparan sinar matahari, suhu ekstrem, dan penggunaan pembersih. 

    Pabrikan mobil dengan biaya produksi lebih rendah kadang menggunakan material yang kurang tahan lama. Sehingga lebih cepat mengalami kerusakan.

    Jika hal ini terjadi, Anda mungkin bisa menggunakan pelindung dashboard. Sebaiknya gunakan pelindung dashboard dengan bahan khusus yang dirancang untuk melindungi permukaan dari sinar UV. Produk ini biasanya mengandung bahan yang dapat mengembalikan kelembapan dan melindungi permukaan dari kerusakan lebih lanjut.

    Lapisan dashboard mengelupas adalah masalah umum yang disebabkan oleh faktor lingkungan, kualitas material, dan perawatan yang kurang tepat. Dengan memahami penyebab dan menerapkan langkah-langkah pencegahannya, Anda dapat menjaga kondisi dashboard mobil tetap baik, rapi dan tahan lama.