Berita

    Cari Tahu Fungsi Fuel Pressure Regulator

    Fuel pressure regulator atau FPR merupakan salah satu komponen penting yang ada di dalam mobil. Walaupun penting, akan tetapi tidaklah sedikit pengguna mobil yang belum memahami betul tentang komponen satu ini. Bahkan fungsinya sekalipun.

    Jadi, memahami FPR terutama fungsinya itu penting, supaya pengguna mobil bisa mengetahui jika ada kerusakan atau malfungsi yang tengah terjadi, sehingga bisa lekas melakukan perbaikan. Maka demikian, lebih baik jangan lewatkan pembahasan artikel ini!

    Fungsi Fuel Pressure Regulator Mobil

    Apabila diterjemahkan dalam bahasa lokal, komponen ini disebut sebagai ‘pengatur tekanan bahan bakar’. Tentang fungsi-fungsinya, komponen ini memiliki empat fungsi inti. Berikut adalah poin-poin dan penjelasan ringkas yang mudah untuk Anda pahami:

    • Sebagai Penjaga Kestabilan BBM

    Fungsi fuel pressure regulator berikutnya, yakni menjaga kestabilan BBM. Nah, jika terdapat kelebihan pasokan, maka bisa dikembalikan seperti semula pada tangki bahan bakar. 

    • Sebagai Pengatur BBM

    Sesuai namanya, komponen satu ini memiliki fungsi yakni mengatur tekanan BBM dalam sistem EFI (electronic fuel injection) atau injeksi. Perlu Anda ketahui, intake manifold atau fuel injector bisa mempengaruhi tekanan FPR.

    Nah, dengan demikian, jika terdapat kenaikan pada fuel injector, bisa dipastikan bahwa tekanan dalam rail fuel pun bisa naik pula. 

    • Sebagai Pendukung Performa Fuel Injector

    Fuel pressure regulator pun mempunyai fungsi sebagai distributor bahan bakar menuju fuel injector sampai pada sistem mobil. Tidak cuma itu, komponen satu ini pun memiliki fungsi yakni mengontrol jumlah BBM pada fuel tank. 

    Dengan demikian, maka hal tersebut menyebabkan tekanan pada bahan bakar mobil bisa tetap konsisten.

    • Sebagai Penjaga Bentuk Kabut BBM

    Dalam pipa pengiriman atau delivery pipe, tekanan BBM umumnya dijaga dan diregulasi oleh FPR menyesuaikan keperluan. Hal ini dapat mengubah BBM menjadi kabut supaya mesin semakin efisien serta gampang untuk Anda nyalakan. 

    Mekanisme Performa Fuel Pressure Regulator

    Sesudah mengetahui serta memahami sejumlah fungsi dari FPR, maka selanjutnya yaitu mengulik bagaimana cara komponen ini bekerja. Nah, berikut merupakan poin-poin dan penjelasan ringkas mengenai hal tersebut:

    • Sewaktu Penuhnya Mesin Beban