Berita

    Simak Tanda Odometer Reset

    Odometer merupakan komponen penting yang harus diperhatikan sebelum memutuskan membeli mobil bekas. Sebab, penjual yang curang bisa saja tidak jujur tentang spesifikasi mobil yang dijualnya melalui reset komponen penunjuk jarak.

    Memang mobil bekas menawarkan harga miring. Namun tidak ada salahnya untuk mengecek kondisi mobil terlebih dahulu. Salah satunya yakni dengan memastikan apakah alat penunjuk kecepatannya telah direset. Maka dari itu, ikuti artikel ini untuk tahu tentang informasinya!

    Ciri-Ciri Odometer Reset

    Komponen satu ini merupakan suatu alat yang berperan sebagai informan jarak tempuh mobil. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sebaiknya perhatikan komponen satu ini sebelum membeli mobil bekas.

    Sebab, banyak orang mempercayai apabila alat tersebut menunjukkan angka tempuh yang rendah dalam mobil bekas, maka itu tandanya kualitasnya masih layak. Namun, tidak sedikit penjual curang yang melakukan reset alat tersebut sehingga harga jualnya bisa lebih tinggi.

    Supaya Anda tidak tertipu atau salah membeli mobil bekas, sebaiknya ketahui tanda odometer reset. Berikut merupakan poin-poin beserta penjelasan ringkas yang dapat Anda ketahui:

    • Kondisi Ban Tidak Begitu Baik

    Tanda pertama yang sebaiknya Anda perhatikan adalah kondisi ban pada mobil bekas yang akan dimiliki. Apabila jarak tempuhnya masih tergolong rendah, maka ban yang dipasang adalah bawaan dari mobil tersebut.

    Sebaliknya, jika ban sudah bukan bawaan mobil atau mengalami kerusakan dan keausan, namun alat penunjuk jarak tempuhnya masih sedikit, bisa dipastikan bahwa alat tersebut telah direset.

    • Pegangan Setir Tidak dalam Kondisi Baik

    Odometer direset atau tidak – dapat Anda ketahui lewat pegangan setirnya. Jika kondisi pegangan tersebut sudah buruk namun alat penunjuk jarak tempuhnya masih rendah, maka bisa dipastikan bahwa ia telah disetel ulang.

    Sebab, mobil bekas yang memang asli memiliki jarak tempuh rendah pastinya memiliki pegangan setir yang masih dalam kondisi baik. Maka dari itu, Anda sebaiknya lebih jeli dalam memeriksa interior dalam mobil bekas.

    • Kondisi Rem Tangan Buruk

    Sebaiknya jangan cuma memperhatikan kondisi pegangan setir mobil. Namun, pastikan melakukan pengecekan pada kondisi rem tangan juga. Sebab, komponen tersebut pun bisa menunjukkan apakah odometer telah direset atau tidak.

    Jika penunjuk jarak tempuh telah direset, maka ia akan menunjukkan angka yang rendah, namun kondisi rem tangannya buruk hingga sobek pada bagian kulit. Jika kondisi rem masih bagus dan mengkilap, bisa jadi jarak tempuh rendahnya asli.

    • Histori dalam Buku Servis